Foto: Rumah123/iStock

Properti merupakan instrumen investasi yang banyak diminati, karena berimbal hasil tinggi. Bagi kamu yang mau memulai berbisnis properti, terutama rumah seken alias bekas pakai atau rumah tua, tak kalah menguntungkannya lho.

Asalkan jeli, kamu dapat meraup untung berlipat. Berikut adalah tips yang bisa kamu cermati untuk mengotak-atik rumah seken.

Baca juga: Salah Kaprah dalam Seni Furnitur

Kamu bisa membeli rumah yang sudah agak tua atau kondisinya sudah mulai rusak dengan harga semurah-murahnya. Setelah jadi hak milik, perbaikilah rumah tersebut.

Setelah kondisinya jadi lebih baik, lalu jual dengan harga tinggi. Harga beli rumah dan biaya renovasi merupakan komponen modal awal yang bisa kamu perhitungkan.

Faktor lainnya yang sering terlupa dalam membeli rumah bekas yaitu pastikan lokasi rumah tersebut bukan rawan banjir. Kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu dengan bertanya pada tetangga atau mencari info dari internet.

Baca juga: IFEX 2016 Sukses Datangkan 9.000 Pembeli

Jangan lupa untuk periksa legalitas rumah yang menjadi incaranmu. Kamu wajib cek keberadaan Surat Hak Milik (SHM), Izin Mendirikan Bangunan (IMB) beserta tanahnya. Pastikan juga bahwa rumah tersebut tidak akan menjadi objek sengketa di kemudian hari.

Tanpa suplai air bersih yang memadai, nilai properti incaran kamu bisa turun tajam. Maka dari itu, pastikan bahwa rumah tersebut tidak berada di wilayah yang sulit air bersih. Jika tidak ada akses PDAM, cek apakah sumur bornya kering atau tidak.

Baca juga: Terlibat Bermain Sertifikasi Tanah, Lurah Ditindak Tegas

Penampilan rumah berpengaruh pada harga jual, semakin menarik tampilan rumah, semakin tinggi pula harganya. Kalau perlu, kamu menambah sedikit modal untuk membayar jasa arsitek sebelum merenovasinya. (Wit)

Bagikan:
2456 kali