Menghitung arah feng shui dengan tahun kelaihran - Rumah123.com/ Menghitung arah feng shui dengan tahun kelaihran - Rumah123.com/Getty Images

Banyak orang yang menyangka bahwa feng shui hanyalah mitos belaka. Padahal di negeri asalnya, Tiongkok, feng shui merupakan warisan ilmu pasti yang mempelajari harmonisasi dan keselarasan hidup manusia dengan lingkungan. Menerapkan ilmu feng shui pada tempat tinggal merupakan hal yang sangat penting, karena dapat memberi energi yang positif kepada pemiliknya.

Jika dipikir dengan logika, menerapkan feng shui agar hidup lebih positif tentu sangat masuk akal. Misalnya saja penerapan tanah rumah lebih tinggi dari jalan. Logikanya, saat hujan, rumah dapat terhindar dari banjir. Sangat masuk akal bukan? 

Nah, bagi kamu yang mau membangun atau merenovasi rumah, sebaiknya perhatikan unsur feng shui agar hunianmu bisa memberi nuansa yang nyaman, dan membawa keberuntungan. Bagaimana cara menentukan feng shui yang baik? 

Setiap orang memiliki arah feng shui baik dan buruk masing-masing

Talkshow bersama Rendy J Chow, ahli feng shui, pada Minggu, 10 November 2019 Talkshow bersama Rendy J Chow, ahli feng shui, pada Minggu, 10 November 2019

Rumah123.com mengundang Rendy J Chow, seorang ahli feng shui untuk mengisi talkshow di Festival Properti Indonesia 2019. Dalam talkshow tersebut, Rendy menjelaskan bahwa setiap orang memiliki sudut atau arah baik dan buruknya masing-masing, sesuai dengan angka Ming Kua yang dimilikinya. 

“Ming Kua adalah angka bintang kelahiran yang didapatkan dari tanggal lahir, kemudian dikelompokkan menjadi 2 bagian, yaitu kelompok Barat dan kelompok Timur. Setelah kamu mengetahui angka Ming Kua, maka kamu bisa mengatur penataan hunian berdasarkan angka Ming Kua tersebut,” ujar Rendy. 

Baca juga: Ini 4 Penjelasan Ilmiah Terkait Mitos Rumah Tusuk Sate

Cara menghitung angka Ming Kua berdasarkan tanggal lahir

Cara untuk menentukan angka kua sangatlah mudah. Pertama, pastikan untuk memeriksa tahun kelahiran kamu menurut kalender Lunar alias kalender Cina. Perlu diingat kalender Cina berbeda dengan kalender kabisat. Tahun baru Cina biasanya berlangsung di bulan Februari.

Jadi kalau kamu lahir di bulan Januari atau Februari, maka tahun kelahiran kamu pasti berbeda menurut penanggalan Cina. Misalnya kamu lahir di bulan Februari tahun 1990, maka tahun lahirmu di kalender Cina adalah tahun 1989. Sedangkan jika kamu lahir di bulan Maret 1990, maka di kalender Cina, tahun lahirmu tetaplah tahun 1990. 

Perhitungan secara detail perlu konsultasi dengan para praktisi fengshui. Tapi, jika ingin penghitungan sederhana cukup hitung dari tahun lahirmu. Penghitungan Ming Kua untuk laki-laki dan perempuan memiliki formula berbeda. Supaya gampang, langsung saja lihat contohnya berikut ini:

Rumus menghitung Ming Kua untuk laki-laki

Kelahiran tahun 19xx = 10 – y (y didapat dari penjumlahan dua digit terakhir tahun kelahiran) Misalnya, tahun 1995 = 10 – (9 + 5 = 14, karena angka kua tertinggi 9, maka dua angka terakhir 1 + 4 dijumlah menjadi 5) Jadi, 10 – 5 = 5, angka kua laki-laki lahir tahun 1995 adalah 5.

Rumus menghitung Ming Kua untuk perempuan

Kelahiran tahun 19xx = y + 5 (y didapat dari penjumlahan dua digit terakhir tahun kelahiran) Misalnya, tahun 1995 = (9+5 = 14) karena angka Ming Kua tertinggi 9, maka dua angka terakhir dijumlah 1 + 4 menjadi 5. Lalu angka ini ditambah kembali dengan 5, sehingga 5+5 = 10. Kembali lagi, karena angka Ming Kua paling tinggi 9, dua angka terakhir dijumlah kembali 1+0 = 1. Artinya, Ming Kua perempuan yang lahir di tahun 1995 adalah 1. 

Jika kamu sudah mengetahui angka Ming Kua milikmu, maka kamu bisa menyocokkannya dengan mengetahui 4 arah baik dan 4 arah buruk feng shui-mu. Supaya gampang, kamu bisa melihat tabel seperti yang digunakan oleh Rendy J Chow dalam materi presentasinya berikut ini:

Angka Ming Kua - Rumah123.com (Sumber: Istanahoki.com) Angka Ming Kua - Rumah123.com (Sumber: Istanahoki.com)

Misalnya angka Ming Kua kamu adalah 1, maka arah baiknya secara berurutan adalah arah Tenggara, Timur, Selatan, dan Utara. Sedangkan arah buruknya adalah arah Barat, Timur Laut, Barat Laut, dan Barat Daya. Area putih artinya arah yang baik, sedangkan area hitam artinya buruk. Setiap arah memiliki makna tertentu. Jika kamu mengikuti arah yang baik, maka akan memiliki kebaikan dalam hal-hal tertentu pula.

Bagikan: 7112 kali