grass-pexels Ilustrasi (Rumah123/Pexels)

Banyak lho keuntungan memiliki taman atap alias roof garden. Kamu bisa memperindah eksterior rumah, menambah ruang hijau, plus mendinginkan area di bawah taman atap.

Tetapi, memang sering muncul pertanyaan kalau taman atap, kamu harus menanam apa? Sebenarnya mudah saja kok. Kamu hanya perlu menanam rumput kok, meski juga bisa ditambah dengan tanaman lainnya.

Baca juga: Rumah Bernuansa Alami di Kota Metropolitan, Siapa yang Ga Mau?

Untuk menempatkan rumput di atas dak dan menjadikan bagian dari taman atap sebenarnya tidak terlalu sulit juga kok.

Dak harus diberi pelat beton agar tidak terjadi kebocoran. Lantas tambahkan beberapa lapisan insulasi untuk tanah.

Baca juga: Mempertahankan Keberadaan Pohon Saat Renovasi Rumah? Bisa Aja Kok!

Kamu harus memberikan lapisan atau cat waterproof untuk melapisi dak. Setelah itu, lapisi bagian atas dengan batu koral atau batu apung.

Setelah itu, lapisi dengan ijuk, pasir, dan baru diberikan tanah setebal sekitar 10 cm. Lapisan ini sudah cukup untuk menempatkan rumput di atasnya.

Baca juga: Tanaman Apa Saja Sih Yang Cocok Dijadikan Pagar?

Tetapi kamu juga perlu perhatikan beberapa hal lainnya seperti struktur atap, sistem pengaliran air, dan jenis rumput plus tanaman lainnya.

Kamu harus bisa mengatur dari mana mengairi taman dan ke mana air akan mengalir jika sudah terlalu banyak.

Baca juga: Tanaman Rambat Untuk Menutupi Fasad Rumah? Lihat Rumah Ini Dong

Kalau kamu ingin menambahkan tanaman lain selain rumput, kamu harus mengetahui apakah akarnya besar dan bisa merusak struktur bangunan atau tidak. Sebaiknya cari tanaman yang tidak terlalu tinggi dan akarnya tidak merusak.

Sebenarnya, kehadiran rumput sudah cukup. Adanya rumput sebagai taman atap bisa mendinginkan ruang di bawahnya. Sebagai pelengkap taman, kamu bisa menempatkan gazebo sebagai tempat bersantai.

Bagikan: 2041 kali