Urban design bukan sekadar ekosistem perkotaan, melainkan juga faktor modernisasi pada hunian. Ini dia penjelasan dan contoh hunian urban!

urban design Sumber: Pexels

Hidup di kota besar yang padat, mungkin kita tidak tahu mengenai struktur dan tatanan lingkungan secara luas. 

Padahal, rancangan sebuah kota tidak bisa lepas dari perencanaan dan proses urban design, secara berkelanjutan.

Oleh sebab itu, yuk cari tahu pemahaman mengenai urban design berikut ini.

Apa yang dimaksud dengan urban design? 

Secara harfiah, urban design diartikan sebagai seni penciptaan, proses membentuk dan mengatur tata kota dengan menyeluruh, mulai dari desain bangunan, ruang publik, transportasi dan ekosistem manusia.

Umumnya, urban design menitikberatkan pada penampilan dan fungsi dalam penataan kota yang terintegrasi.

Proses tersebut juga secara tidak langsung akan membentuk sebuah ekosistem yang berhubungan antara tempat tinggal dan hubungan antar manusia dalam satu ruang lingkup. 

Baca juga: 8 Gambar Compact House, Model Rumah Terbaru yang Mulai Populer di Indonesia

5 contoh unik rumah dengan tema urban design

Hubungan emosional antara rumah & manusia menjadi hal yang paling penting dalam merancang sebuah rumah bertemakan urban design

Tak hanya melulu soal arsitektur desain yang modern, tapi ikatan keluarga yang harmoni pun juga bisa terbentuk melalui rumah berdesain urban.

Berikut ini ada lima contoh tema dengan rekomendasi terbaik, jika kamu menginginkan sebuah rumah bernafaskan desain urban modern. 

1. Rumah minimalis bernuansa tropis

urban design Sumber: Pexels

Dari sisi eksterior rumah, rumah bernuansa urban design umumnya didominasi oleh desain minimalis yang membentuk pada setiap sudutnya.

Memang, bentuk ini sudah menjadi standar sebuah rumah dalam beberapa waktu terakhir ini. 

Namun, sebuah rumah minimalis yang mendasar tidak ada salahnya bila dikreasikan kembali, sesuai dengan karakter urban design. 

Pada eksterior rumah, tak hanya karakteristik khas rumah minimalis saja, melainkan juga harus ada sedikit pembeda yang bersifat unik dan fungsional.

Untuk memberi nuansa tropis, selain penanaman pohon dan tanaman, kamu juga bisa mengatur pencahayaan dan sirkulasi udara, agar tetap sejuk meski tanpa AC.

2. Rumah minimalis dengan sentuhan kayu

urban desiign Sumber: beautifullife.info/

Walau sebuah rumah minimalis identik dengan karakter yang modern, namun tak ada salahnya jika sebuah rumah minimalis memadukan unsur tradisional dalam beberapa bagian. 

Salah satu elemen tepat dalam membentuk sebuah rumah berdesain urban dengan cara menyematkan material kayu pada beberapa bangun ruang rumah. 

Umumnya, sentuhan kayu bisa kamu gunakan pada penutup jendela depan dan fasad belakang rumah.

Baca juga: 7 Inspirasi Pagar Kayu Minimalis yang Klasik dan Mewah

3. Rumah futuristik ala Jepang

urban design Sumber: architecturaldigest.com

Kehidupan masyarakat Jepang yang sangat dinamis, menjadikan desain rumah mereka dibentuk secara minimalis, namun mengutamakan unsur futuristik pada sisi bangunan rumah.

Bangunan futuristik tersebut bersumber dari desain rumah yang bersifat mengotak, namun memiliki unsur-unsur modern yang tak kasat mata, mulai dari pengaturan sirkulasi udara yang berasal dari desain rumahnya. 

Tak jarang, desain rumah ala Jepang tidak dilengkapi oleh genteng, namun tetap fungsional dan menarik untuk dipandang.

Selain desain rumah yang futuristik, elemen lain yang dapat mendukung rumah ini ialah penerapan sistem smart home yang sangat sesuai dengan penerapan urban design.

4. Rumah minimalis ala Australia

urban design Sumber: contemporist.com

Salah satu desain yang banyak digunakan pada rumah minimalis secara umum ialah nuansa ala rumah-rumah ala Australia. 

Umumnya, rumah-rumah ala Australia tidak hanya memiliki desain yang minimalis, melainkan juga memiliki ruang memadai dengan kaca berukuran besar.

Tak jarang, desain rumah urban ala Australia ini memiliki konsep minim sekat, sehingga memberi kenyamanan yang sangat baik untuk penghuninya.

5. Rumah urban futuristik

urban design Sumber: blenderartists.org

Rumah dengan konsep urban futuristik merepresentasikan kebutuhan yang serba cepat dan praktis, khususnya bagi keluarga muda. 

Oleh sebab itu, desain rumah urban futuristik merupakan pilihan tepat sebagai salah satu jenis hunian dengan karakter perkotaan yang unik dan minimalis.

Tak hanya sekadar rumah minimalis, rumah berdesain urban futuristik juga ramah anak dan nyaman untuk keluarga, terlebih adanya halaman depan dan belakang, membuat hunian semakin asri. 

Selain memadukan unsur arsitek dan manusia, karakter urban design juga harus bersifat modern dan berwawasan lingkungan, sehingga dapat membentuk ekosistem yang mandiri dan teratur.

Mau tau tren terkini seputar rumah dan properti? Jangan lewatkan artikel-artikel di Rumah123.com

Bagikan:
977 kali