Teori Yin dan Yang merupakan teori yang berasal dari Tiongkok. Hampir seluruh ajaran yang berasal dari negeri tirai bambu tersebut.

yin dan yang - rumah123.com

Mulai dari pengobatan tradisional, seni bela diri, hingga feng shui, semua didasari oleh teori Yin dan Yang ini. Dalam artikel ini, Rumah123.com akan membahas selengkapnya!

Makna dari teori Yin dan Yang

Menurut teori tersebut, segala sesuatu di alam semesta, terdiri dari dua kekuatan yang saling berlawanan, namun saling terkait. Unsur Yin adalah unsur feminin yang memiliki warna hitam, dan unsur Yang adalah unsur maskulin yang memiliki warna putih. Interaksi antar kedua unsur tersebut akan menciptakan esensi di kehidupan setiap orang. Keduanya saling memberi makna dan tidak bisa seimbang tanpa kehadiran satu sama lain. 

Dari segi energi, Yin cenderung lembut, lambat, santai, pasif, dan sunyi. Sedangkan Yang diekspresikan oleh kualitas energi yang berlawanan dan berseberangan dengan Yin. Yang cenderung lebih agresif, kuat, panas, dan kokoh.

Baca juga: Ini 4 Penjelasan Ilmiah Terkait Mitos Rumah Tusuk Sate

Penerapan teori yin dan yang dalam rumah

Lantaran membutuhkan energi yang seimbang, sangat penting mengimplementasikan teori yin serta yang dalam rumah. Tenang, teori ini tak rumit kok. Kamu bisa memulainya dari level paling sederhana seperti berikut ini.

Yin (energi pasif): Yin merupakan unsur yang memberikan relaksasi. Energi ini bisa didapatkan dari kamar tidur, dan kamar mandi. Yin juga bisa hadir dari musik-musik relaksasi, air mancur, atau sekadar gambar air. 

Yang (energi aktif): Yang merupakan unsur yang memberikan kekuatan dan semangat. Energi ini bisa didapatkan dari lampu-lampu berwarna terang, atau dekorasi dengan warna-warna berani. Unsur Yang juga bisa dihadirkan dengan diadakannya kegiatan yang melibatkan banyak orang, seperti pesta misalnya. 

Rumah yang baik adalah rumah yang memiliki unsur Yin dan Yang yang seimbang. Jangan sampai unsur Yang hadir terlalu besar, sehingga penghuni rumah hanya sibuk dan fokus mengejar ambisi, tanpa pernah mengistirahatkan fisik dan mental. Begitu juga ketika unsur Yin terlalu besar, yang ada malah hanya rasa malas. 

Untuk itu, coba luangkan waktu untuk melihat rumahmu dan cek kembali, ruangan mana yang memiliki ketidakseimbangan. Apakah kamarmu kehilangan energi Yin yang menenangkan? Atau justru memiliki terlalu banyak memiliki Yang?

Baca juga: Hati-Hati! Warna Cat Mencolok Pada Kamar Anak Ternyata Berbahaya

Penempatan unsur Yin dan Yang pada area spesifik

Mungkin sebagian dari kamu akan bingung menentukan area mana saja yang harus memilii unsur Yin, atau unsur Yang. Semua tergantung dari fungsi ruangan tersebut. Misalnya kamar tidur. Lantaran digunakan sebagai tempat beristirahat, kamar tidurmu harus memiliki unsur Yin yang besar.

Hindari elemen-elemen yang membawa unsur Yang masuk ke dalam kamar. Seperti televisi, alat olahraga, atau alat untuk bekerja. Masukkan barang-barang dengan unsur Yin yang besar seperti lilin aromaterapi, musik relaksasi, atau lampu redup. Area kamar mandi pun juga sama seperti kamar tidur yang harus memiliki unsur Yin besar.

Sedangkan ruang keluarga, dapur, ruang kerja, adalah ruangan-ruangan yang harus memiliki unsur Yang besar. Pilih warna-warna cerah sebagai warna cat dinding ruangan-ruangan tersebut. Dekorasi yang membangkitkan semangat seperti foto keluarga, atau permainan yang bisa dimainkan bersama-sama. 

Bagikan: 1953 kali