OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Mengenal Seluk-beluk Hunian TOD, Pilihan Tempat Tinggal Masa Depan Kaum Milenial

19 Juli 2022 · 4 min read Author: Reyhan Apriathama

apartemen-tod-jakarta

Setiap orang pastinya menginginkan hunian idaman mereka, termasuk kaum milenial yang kerap diramalkan sulit memiliki aset properti.

Kepemilikan properti bagi kaum milenial dianggap sulit, karena disebabkan meningkatnya harga properti yang cukup pesat dan juga ketersediaan lahan yang sangat terbatas di wilayah perkotaan.

Untuk mewujudkan keinginan mereka, memilih hunian di pinggir kota seperti Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang yang dianggap menjadi solusi terbaik. 

Meski demikian, perjalanan mereka menuju tempat bekerja menjadi lebih jauh bahkan memerlukan waktu yang tidak sebentar.

Tak jarang, mereka harus mengorbankan waktu berangkat di pagi buta, dan rela pulang lembur untuk mencegah ramainya transportasi umum maupun kemacetan panjang, khususnya pada jam-jam sibuk.

Untuk menunjang kebutuhan kaum milenial masa kini, hunian TOD menjadi solusi terbaik dalam memenuhi kebutuhan hunian mereka sehari-hari.

Adapun, pembangunan hunian berbasis TOD kian digencarkan oleh para pengembang secara berkelanjutan baik dalam bentuk apartemen maupun rumah tapak.

Jenis hunian ini diharapkan sebagai hunian masa depan yang menguntungkan bagi masyarakat urban dengan produktivitas tinggi. 

Seperti apa hunian TOD yang sarat akan manfaat dan keuntungan bagi kaum milenial? Simak pembahasannya bersama-sama!

Apa Itu Hunian TOD?

Menurut jurnal TOD Standard 3.0 yang dipublikasikan oleh Institute for Transportation and Development Policy, hunian berbasis TOD merupakan bangunan yang terhubung dengan moda transportasi massal, antara satu maupun jenis transportasi lainnya. 

Dalam penerapannya, terdapat dua jenis TOD yakni Urban TOD dan juga Neighborhood TOD. 

Hal yang membedakan secara spesifik dari kedua jenis TOD tersebut berdasarkan pada titik transportasi dan lokasi pengembangan.

Selain faktor pengembangan kedua jenis TOD tersebut, perbedaan yang juga cukup spesifik diantar keduanya adalah pendekatan lokasi wilayah hunian satu sama lainnya. 

Adapun, Urban TOD adalah lokasi pengembangan lokasi wilayah terintegrasi dengan transportasi massal seperti terminal Bus, Stasiun Kereta Api maupun LRT Jabodetabek.

Secara spesifik, pengembangan lokasi Urban TOD berada di wilayah dengan tingkat kepadatan tinggi dan berdekatan dengan akses transportasi yang sangat memadai. 

Tak hanya berdekatan dengan akses transportasi, Urban TOD juga berpotensi menjadi area komersial yang sangat strategis.

Pada lokasi Urban TOD juga dilengkapi oleh tempat pemenuhan kebutuhan sehari-hari, termasuk area pertokoan yang bersifat esensial.

Sementara, Neighborhood TOD yang merupakan area transit terbatas dengan moda transportasi feeder bus pada sebuah hunian yang terhubung secara memadai.

Penerapan Neighborhood TOD juga memiliki pendekatan ruang lingkup kecil dengan waktu yang sangat baik antara 5 sampai 10 menit untuk setiap interval dari feeder bus tersebut.

Selain faktor keterjangkauan transportasi yang baik, hunian TOD juga dilengkapi oleh area terbuka hijau untuk menunjang produktivitas penghuni setiap harinya.

Adapun, pada hunian TOD pastinya sudah dilengkapi oleh area pejalan kaki dan jalur sepeda yang luas, sehingga sangat memudahkan penghuni untuk beraktivitas sehari-hari. 

Dapat dikatakan jika hunian TOD tak hanya mengutamakan aspek keterjangkauan saja, melainkan juga faktor gaya hidup sehat dengan adanya jalur sepeda maupun ruang terbuka hijau.

Keuntungan dalam Memilih Hunian TOD 

menerapkan-konsep-transit-oriented-development-tod

Bukan hanya faktor keterjangkauan saja yang menjadi hal penting dalam memilih hunian TOD, ternyata ada berbagai manfaat yang bisa dirasakan bagi kaum milenial.

Beberapa faktor keuntungan memilih hunian TOD terbaik untuk milenial antara lain : 

1. Meningkatnya kualitas hidup yang lebih tinggi dan lebih baik untuk beraktivitas, bekerja, bermain maupun menunjang tumbuh kembang si kecil.

2. Mobilitas lebih tinggi dengan kemudahan bergerak yang sangat cepat dengan akses super cepat dan efektif.

3. Berkembangnya pola gaya hidup sehat dengan lebih banyak berjalan kaki maupun berlari sehingga mengurangi tingkat stress.

4. Lalu lintas pejalan kaki dan pelanggan area bisnis dan komersial pada lokasi hunian TOD terus meningkat.

5. Mengurangi kemacetan akibat penggunaan kendaraan pribadi.

6. Nilai properti lebih tinggi dan lebih stabil untuk jangka panjang, sehingga keuntungan yang dihasilkan sangat tinggi.

7. Meningkatkan kemampuan daya saing perekonomian di wilayah lokal.

8. Mengurangi ketergantungan minyak bumi, mengurangi polusi dan mencegah kerusakan lingkungan. 

Itulah beberapa manfaat dan hal yang perlu kamu ketahui secara lengkap mengenai hunian TOD sebagai solusi hunian bagi milenial.

Nah, buat kamu yang mencari rekomendasi hunian TOD di daerah Bogor, Grand Central Bogor yang dikembangkan Adhi Commuter Properti bisa jadi salah satu pilihan menarik, lo!

Soalnya, apartemen ini terletak persis di depan Stasiun KA Bogor.

“Simak keunggulan Apartemen Grand Central Bogor selengkapnya.”

Temukan inspirasi menarik seputar properti terlengkap di Rumah123.


Tag: ,


Reyhan Apriathama
Seorang mas-mas penulis Rumah123.com yang suka otomotif, sepak bola, gadget, dan musik-musik lawas.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA