rukan

Pastinya kamu pernah mendengar rukan atau rumah kantor, lantas apa perbedaan dengan ruko (rumah toko) atau juga SOHO (small office home office).

Rukan merupakan salah satu jenis properti yang cukup dikenal di Indonesia, rukan merupakan kependekan dari rumah kantor.

Investasi properti bisa dalam bentuk apa saja, misalnya rumah, apartemen, rukan, ruko, toko, kios, gudang, tanah, dan lainnya.

Rukan menjadi salah satu investasi yang cukup menjanjikan di masa depan, banyak permintaan atas rumah kantor ini untuk memulai sebuah usaha atau bisnis.

Nah, karena alasan itulah, banyak permintaan mengenai rukan, baik untuk dibeli maupun untuk disewakan kembali.

Karena, tidak semua jenis usaha atau bisnis berada di gedung tinggi pencakar langit saja, banyak yang memilih di ruko atau rukan saja.

Rukan pun bisa jadi tempat strategis dan menguntungkan untuk berbisnis, jamun, apa sebenarnya arti rukan itu sendiri? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Rukan?

Rukan adalah rumah kantor yang umumnya terdiri dari 2 atau 3 lantai, namun di sejumlah area ada rukan dengan 4 lantai lebih.

Properti ini salah satu jenis investasi yang sangat menjanjikan bagi kamu yang tertarik memiliki rukan, kenaikan capital gain biasanya lebih tinggi.

Umumnya, lantai bawah rumah kantor ini, umumnya digunakan sebagai usaha alias kantor dan lantai atas  digunakan sebagai rumah tinggal atau hunian sang pemilik.

Namun, kini banyak juga pemilik properti ini yang menggunakan atau menyewakannya seluruhnya untuk usaha atau bisnis.

Bagaimana, sudah terbayang bukan bagaimana fungsi sebuah rukan untuk bisnis dan hunian tinggal.

Apa Perbedaan Rukan dengan Ruko?

rukan Rukan adalah rumah kantor, sementara ruko adalah rumah toko, kamu bisa melihat persamaan dan juga perbedaannya bukan? Kalau dilihat fisik bangunan, tentu tidak ada beda antara keduanya, sama-sama bangunan dua tiga lantai atau lebih. Hunian ini merupakan perpaduan antara hunian dengan tempat usaha, bisa berupa kantor atau juga toko atau kios. Namun, perbedaan yang terlihat adalah fungsinya saja, pemilik rukan memiliki properti ini sebagai kantor. Bagi yang memiliki usaha misalnya kantor agen properti, biro desain, firma arsitek, kantor konsultan hukum, dan lainnya. Sementara ruko 3 lantai digunakan untuk usaha ritel atau bisnis serupa lainnya seperti minimarket, kedai kopi, warung makan, restoran, dan lainnya. Nah, inilah perbedaan rukan dan ruko secara signifikan, terutama mengenai fungsi bangunan, bukan dari bentuk propertinya.

Apa Perbedaan Rukan dengan SOHO?

Berbeda dengan rumah kantor, SOHO adalah kepanjangan dari Small Office Home Office, perpaduan antara hunian dengan kantor.

Jenis properti ini merupakan model unit hunian apartemen yang berkonsep hybrid, biasanya memiliki lantai mezzanine.

SOHO merupakan kombinasi antara hunian dengan kantor yang umumnya berada di kota besar, berada di gedung perkantoran.

Bentuk SOHO pun berbeda dengan rumah kantor atau rukan, SOHO memiliki interior dengan plafon yang tinggi dari apartemen biasa.

SOHO adalah suatu hunian small office yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas kantor, karena memang diperuntukkan untuk pebisnis.

Para pemilik hunian tersebut, telah mengantongi izin yang legal untuk menggunakan rumah atau apartemen mereka sebagai kantor.

Dalam segi konsep, rumah kantor dan SOHO memiliki fungsi dasar yang hampir sama, efektivtas dan efisiensi dalam bekerja dapat ditingkatkan, termasuk dalam segi waktu.

Perbedaan lain antara rumah kantor dengan SOHO adalah dari segi fasilitas, rumah kantor sudah pasti minim fasilitas, karena area yang juga terbatas dan minim.

Berbeda dengan SOHO yang kebanyakan memiliki fasilitas lengkap, karena, umumnya berada di apartemen, biasanya menjadi satu.

Ada sejumlah fasilitas seperti kolam renang, lobi, cafe, pusat kebugaran, taman, akses lift, parkir, dan masih banyak lagi.

Nah, jadi kamu sudah mengenal apa itu rukan, serta perbedaan dengan ruko dan juga SOHO, investor properti mesti paham investasi.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Gardens at Candi Sawangan.

Bagikan:
1301 kali