Loster keramik dan loster jenis lainnya bisa menjadi opsi ventilasi udara dengan tampilan yang cantik. Ketahui dulu yuk perbedaannya!

loster keramik - Rumah123.com Sumber: juraganrster.com

Setiap bangunan atau tempat tinggal tentu harus memiliki sirkulasi udara yang baik. 

Sirkulasi udara yang baik ini didapatkan dari desain bangunan yang memungkinkan terjadinya pertukaran udara luar dan dalam dengan lancar sehingga tidak pengap dan membuat penghuninya nyaman.

Kelancaran sirkulasi udara di sebuah bangunan bisa didapatkan dari berbagai elemen semisal Jendela. 

Berbicara tentang jendela tentu sudah banyak yang mengerti dan paham akan desain jendela yang baik untuk sirkulasi udara.

Namun ternyata ada komponen lain yang masih banyak belum diketahui namun sangat memegang peranan penting untuk kelancaran sirkulasi udara, komponen itu yang dinamakan sebagai roster.

Roster sendiri adalah sebuah ventilasi yang dipasang di dinding dengan lubang lubang yang memungkinkan pertukaran udara dapat terjadi. 

Roster ini terbuat dari berbagai macam material, ada roster beton, roster batako, loster keramik, roster tanah liat, loster kayu, loster gypsum dan lain sebagainya.

Selain berfungsi sebagai alat ventilasi / sirkulasi udara. Roster juga bermanfaat untuk dekorasi dan menambah nilai estetika sebuah bangunan.

Nah, mau tahu apa saja jenis roster? Berikut adalah jenis-jenis roster dan desainnya.

Dinding Loster Keramik

loster keramik - Rumah123.com Sumber: Instagram.com/mukuraceramics

Loster keramik adalah jenis roster yang sangat cocok untuk ditempatkan di dalam hunian.

Desain roster keramik yang elegan dan mewah menjadi nilai plus yang dapat menambah kemewahan ruangan.

Roster keramik bisa difungsikan sebagai partisi ruangan sekaligus ventilasi udara.

Roster keramik sendiri memiliki keunggulan yang tidak dimiliki roster jenis lainnya yaitu pola dan warnanya yang sangat beragam sehingga bisa dicocokkan dengan tema ruangan kamu.

Namun  begitu perawatannya harus lebih hati hati karena sifatnya yang mudah pecah atau tergores.

Dinding Roster Beton

loster keramik - Rumah123.com Sumber: Instagram.com/rosterbetonminimalis

Sesuai dengan materialnya yaitu beton. Dinding roster jenis ini tentu mempunyai kekuatan yang sangat kuat dibanding roster jenis lainnya. 

Oleh karena itu ia sangat cocok digunakan untuk penggunaan luar ruang seperti tembok halaman dan tembok pagar karena durabilitasnya.

Dinding roster beton ini juga memiliki tampilan yang unik dan mengesankan kesan modern sehingga sangat cocok digunakan untuk rumah yang berdesain minimalis dan futuristis.

Dinding Roster Batako

loster keramik - Rumah123.com Sumber: Instagram.com/roster.custom

Secara fungsi dan ke gunaan, roster batako ini mirip dengan roster beton. Hanya saja harga roster batako ini jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan roster dari beton.

Walaupun kekuatan dari roster batako ini tidak sekuat roster beton, namun ia tetap cocok untuk diterapkan di luar ruangan untuk kamu yang memiliki budget terbatas.

Dinding Roster Kayu

loster keramik - Rumah123.com Sumber: Instagram.com/keboen_kayu_project

Untuk kamu yang memiliki rumah dengan gaya tradisional atau kontemporer maka kamu bisa memilih dinding roster jenis ini untuk menambah estetika dan fungsi ventilasi pada rumahmu. 

Perlu diingat, roster jenis kayu ini sifatnya mirip dengan dinding roster keramik yang hanya cocok digunakan untuk penggunaan indoor saja seperti partisi ruangan karena sifat kayu yang rentan lapuk dan keropos karena cuaca.

Dinding Roster GRC

loster keramik - Rumah123.com Sumber: Instagram.com/grc_roster

Dinding roster GRC ini terbuat dari bahan Glassfibre Reinforced Concrete (GRC) atau yang bisa disebut dengan bahan fiber. 

Keunggulan dari bahan fiber ini adalah sifatnya yang bisa dibentuk sesuka hati dengan berbagai model yang ekstrim sekalipun. 

Oleh karena itu dinding roster dari bahan GRC ini sangat cocok digunakan untuk bangunan yang memiliki fasad modern yang membutuhkan roster yang bisa mengikuti dari desain fasad bangunan itu sendiri.

Kelebihan dari dinding roster GRC ini juga penggunaannya yang fleksibel, jika dinding roster keramik / kayu sebaiknya digunakan di indoor dan beton dan batako di outdoor.

GRC ini bisa digunakan baik di indoor maupun outdoor karena sifatnya yang ringan, kuat dan tahan terhadap cuaca.

Nah bagaimana menurut kamu? Semoga artikel diatas dapat membantu kamu ya!

 

 

Bagikan:
10894 kali