puasa syawal

Puasa Syawal merupakan salah satu amalan yang sangat penting untuk kamu kerjakan sebagai cara menyempurnakan ibadah puasa.

Sebab, bulan Syawal merupakan momen yang sangat baik untuk meningkatkan ketakwaan diri pada Allah SWT.

Tak hanya meningkatkan keimanan dan ketakwaan, ada berbagai keutamaan puasa sunah yang menjadikan ibadah ini sangat dianjurkan untuk umat Islam.

Lantas, apa saja manfaat dan keutamaan puasa Syawal setelah menjalankan shaum Ramadhan? Simak pembahasannya bersama-sama!

Tata cara dan niat puasa syawal 

Untuk diketahui, puasa sunah ini dilaksanakan selama enam hari setelah hari raya idul fitri hingga berakhirnya bulan Syawal selama enam hari.

Enam hari yang dimaksud bisa dilakukan secara berturut-turut maupun dikerjakan secara terpisah, disesuaikan dengan kemampuan maupun kehendak yang melaksanakan.

Perlu diingat jika Rasulullah SAW melarang puasa khusus di hari Jumat tanpa diiringi dengan puasa pada hari Kamis dan Sabtu.

Adapun, niat dalam puasa Syawal adalah sebagai berikut : 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ الشَّوَّالِ لِلهِ تَعَالَى‎

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnatis Syawwâli lillâhi ta‘âlâ.

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Syawal esok hari karena Allah SWT.”

Keutamaan puasa syawal yang wajib kamu ketahui 

Dalam menyempurnakan ibadah di bulan suci Ramadhan, ada beberapa keutamaan dan manfaat puasa sunah yang wajib untuk kamu ketahui sebagai umat Islam dengan beberapa deskripsi berikut:

1.  Sebagai penyempurna Ibadah puasa wajib

Untuk menyempurnakan salat fardhu, pastinya kamu dianjurkan melaksanakan salat sunnah rawatib baik qabliyah maupun ba'diyah.

Dengan melaksanakan salat sunnah rawatib, maka salat fardhu akan menjadi sempurna, begitu pun puasa Syawal yang dapat menyempurnakan puasa Ramadhan.

2.  Menyempurnakan pahala puasa menjadi pahala puasa setahun

Hal ini sebagaimana yang dijanjikan dalam hadits Rasulullah dalam kitab Shahih Muslim, “Siapa saja yang berpuasa Ramadhan, kemudian dilanjutkan dengan enam hari di bulan Syawal, maka pahalanya seperti pahala berpuasa setahun.”

3.  Mendapatkan pertolongan Rasulullah

Dalam hadits riwayat At-Tirmidzi menyebutkan, 

“Siapa yang menghidupkan sunnahku maka sungguh ia mencintaiku, dan siapa yang mencintaiku bersama di surga.” 

4.  Tanda peningkatan iman 

Salah satu keutamaan puasa sunah setelah bulan suci Ramadhan adalah peningkatan iman karena imannya sebagai seorang muslim atau muslimah yang telah meningkat.

Oleh sebab itu, bulan Syawal dapat diartikan sebagai bulan peningkatan dalam membentuk iman dan taqwa.

5.  Ibadah yang dilaksanakan di bulan Ramadhan tidak terputus 

Meski bulan Ramadhan telah usai, bukan berarti amal ibadah yang telah diamalkan selesai sudah, namun tetap harus memperhatikan kualitas dan kuantitas ibadah jangka panjang.

Pasalnya, puasa Syawal merupakan salah satu bentuk usaha yang dapat dilakukan untuk melestarikan ibadah di bulan Ramadhan.

Bolehkah menggabungkan puasa Syawal dengan mengganti hutang puasa wajib? 

Secara umum tidak ada syarat dan ketentuan terkait pelaksanaan puasa Syawal baik dilakukan secara berturut-turut maupun dilakukan secara terpisah selama enam hari di bulan Syawal.

Pasalnya, umat Islam bisa menunaikannya pada setiap Senin dan Kamis pada bulan Syawal atau pada pertengahan bulan. Namun diutamakan di awal setelah Idul Fitri.

Lantas, bagi wanita yang memiliki utang puasa Ramadhan karena unsur tertentu, biasanya menggabungkan niat puasa Syawal dengan Qadla.

Apakah hal tersebut diperkenankan? 

Berdasarkan laman resmi dari Lembaga Fatwa Mesir, ulama top Mesir Dr Ali Jumah Muhammad mengatakan bahwa ulama fiqih memperbolehkan menggabung hutang puasa dengan puasa sunah.

Namun, niat pengganti puasa harus didahulukan dari pada puasa sunah.

Dengan demikian, wanita yang ingin mengganti puasa Ramadhan diperbolehkan untuk menggabungkannya dengan puasa Syawal selama enam hari. 

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai pelaksanaan puasa di bulan Syawal sebagai bagian dari menyempurnakan shaum Ramadhan. 

Yuk, cari tahu tips menarik seputar gaya hidup, selengkapnya di Rumah123.

"Berencana investasi properti? Temukan pilihannya bersama Perumahan Dua Putri Mandiri Pekanbaru."

Bagikan:
437 kali