Daun sambung nyawa merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang layak dikonsumsi untuk pengobatan. Simak 7 manfaat terbaiknya di sini selengkapnya. 

daun sambung nyawa

Daun sambung nyawa merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang sangat baik untuk kesehatan, khususnya bagi para penghuni rumah.

Pasalnya, daun ini memiliki zat yang baik untuk kesehatan, khususnya dalam mencegah berbagai penyakit berbahaya.

Adapun, daun sambung nyawa memiliki beberapa zat kimiawi yang baik, seperti saponin, tanin, terpenoid, flavonoid, kaempferol, astragalin, dan rutin yang sangat baik.

Umumnya, daun dengan nama latin Gynura Procumbens dapat tumbuh subur di wilayah iklim tropis, khususnya di wilayah Asia Tenggara sebagai habitat aslinya.

Lantas, seperti apa manfaat daun sambung nyawa yang baik untuk kesehatan bagi penghuni rumah? Simak pembahasannya bersama-sama! 

Manfaat daun sambung nyawa sebagai salah satu tanaman herbal di rumah 

Untuk kamu yang menjalani hidup sehat dalam bentuk makanan maupun obat-obatan herbal, daun sambung nyawa merupakan salah satu bagian penting.

Sebab, ada beberapa manfaat dari daun sambung nyawa yang dapat dideskripsikan sebagai berikut. 

1. Meredakan peradangan 

Kandungan etanol, steroid, flavonoid, dan kaempferol dalam ekstrak sambung nyawa memiliki sifat anti inflamasi maupun antivirus yang baik. 

Oleh sebab itu, tanaman ini dipercaya dapat meredakan peradangan, seperti rematik, radang sendi, dan penyakit tertentu yang diakibatkan oleh virus. 

Baca Juga :25 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan Mulai dari Mengatasi Jerawat Hingga Jantung

2.  Membantu melawan sel kanker 

Perlu kamu ketahui, tanaman ini dikenal sejak lama khususnya untuk pengobatan kanker rahim, serviks, maupun leukimia dalam bentuk herbal.

Ekstrak sambung nyawa menunjukkan berbagai aktivitas yang dapat mencegah pertumbuhan dari sel kanker, serta membunuh sel tersebut.

Dengan demikian, penyebaran kanker lain pun bisa dicegah dengan sangat baik. 

Meski menjadi jenis pengobatan kanker dalam bentuk herbal, namun tetap dibutuhkan berbagai penelitian yang mendalam mengenai efektivitas penggunaan daun sambung nyawa.

3.  Mengatasi diabetes dan kemandulan

Selain melawan sel kanker yang bisa menjalar, sambung nyawa juga dapat  berperan dalam mengatasi diabetes dan mengurangi kadar gula darah.

Tak hanya mengatasi diabetes, daun ini juga dapat mengatasi masalah kemandulan akibat diabetes, dengan cara meningkatkan jumlah, pergerakan, kualitas sperma, serta mengurangi persentase sperma yang mati.

4.  Mengatasi gangguan pencernaan 

Luka pada lambung dan usus bisa menyebabkan pendarahan pada saluran cerna yang dapat diredakan dengan daun sambung nyawa.

Selain mengatasi gangguan pencernaan, ekstrak daun juga dapat mencegah terbentuknya tukak lambung yang dapat melindungi lapisan dalam lambung.

5.  Mengatasi hipertensi dan mencegah penyakit jantung 

Sejauh ini, hipertensi dan penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia.

Untuk mengatasi hipertensi dan penyakit jantung, salah satu cara yang tepat adalah mencegah aktivitas angiotensin converting enzyme (ACE), yakni enzim yang berkaitan dengan tekanan dan pembuluh darah.

Oleh sebab itu, penggunaan ekstrak daun sambung nyawa menjadi pilihan yang baik untuk menekan tingkat hipertensi sebagai pemicu penyakit jantung. 

6.  Melawan kuman penyebab infeksi 

Manfaat ekstrak daun sambung nyawa untuk mengatasi kuman penyakit tropis sudah banyak dikemukakan oleh ilmuwan.

Salah satu kuman infeksi yang teratasi dengan baik adalah perkembangbiakan penyakit malaria.

Selain itu, daun sambung nyawa juga dapat menghambat virus penyebab herpes, bakteri penyebab infeksi, maupun penyakit jamur pada tubuh yang sangat membahayakan.

7.  Mencegah penyakit ginjal 

Tak hanya mengatasi penyakit jantung dan melawan sel kanker, ekstrak daun sambung nyawa juga dapat mencegah penyakit ginjal.

Pasalnya, ekstrak sambung nyawa dapat menghambat sel dan sintesis DNA yang dapat menyebabkan gangguan pada ginjal manusia.

Meski demikian, penelitian ini perlu dibutuhkan studi lanjutan, terkait dengan manfaat, efektivitas, maupun dosis yang aman saat digunakan khususnya dalam pengobatan herbal.

Cara mengkonsumsi daun sambung nyawa di rumah 

Daun sambung nyawa bisa kamu konsumsi dengan berbagai cara, kamu pun bisa memakannya secara mentah seperti lalapan atau seperti menyantap daun-daun herbal pada umumnya.

Selain itu, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah merebusnya terlebih dahulu, lalu dikonsumsi seperti minum teh atau rebusan ekstrak daun lainnya. 

Baik, mengkonsumsi langsung maupun merebusnya terlebih dahulu sama-sama baik untuk kesehatan, dan bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Selain menggunakan ekstrak sambung nyawa mentah, kamu juga bisa membeli suplemen atau tablet dengan serat sambung nyawa yang sudah banyak dijual.

Terkait dengan hal ini, pastikan suplemen sambung nyawa yang kamu beli sudah memenuhi standar BPOM dan dikonsumsi sesuai dengan dosis yang sudah ditentukan.

Baca Juga : 8 Manfaat Air Kelapa Hijau bagi Kesehatan Tubuh Berdasarkan Penelitian

Demikian beberapa fakta yang perlu kamu ketahui mengenai daun sambung nyawa sebagai salah satu obat herbal untuk hidup sehat di rumah.

Untuk cari tahu inspirasi menarik seputar hidup sehat dari rumah, selengkapnya di artikel.rumah123.com.  

"Sedang mencari apartemen di Serpong? Kamu bisa cek The Golden Stone @Serpong di sini selengkapnya."

Bagikan:
1782 kali