Ikan Oscar merupakan salah satu jenis ikan predator yang pintar namun bisa dipelihara di rumah. Simak jenis-jenis dan cara pemeliharannya di sini selengkapnya. 

ikan oscar

Ikan oscar merupakan salah satu jenis ikan hias yang kian diminati oleh banyak orang sebagai salah satu hiasan menarik di dalam akuarium rumah.

Meski jarang terdengar, namun ikan ini memiliki karakteristik yang pintar dan cerdik di dalam akuarium sehingga memiliki ikatan emosional yang baik bagi penghuni rumah. 

Perlu diketahui, ikan ini merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak hidup di lingkungan sungai amazon, Brazil. 

Meski ikan ini digolongkan sebagai salah satu predator, namun ikan ini tidak seagresif maupun seganas piranha, sehingga orang pun tak perlu takut dalam memelihara oscar. 

Dengan karakteristik dan emosional yang kuat sebagai ikan predator, banyak orang yang mempelajari jenis ikan ini sebagai salah satu inspirasi menarik di rumah.

Lantas, seperti apa jenis oscar yang menarik untuk menghiasi akuarium rumah? Apakah ikan ini bisa dirawat dengan mudah? 

Oleh sebab itu, simak pembahasannya bersama-sama berikut ini. 

Mengenal jenis-jenis dan karakteristik ikan oscar yang bisa dipelihara di rumah 

Ada beberapa jenis ikan oscar beserta karakteristik yang menarik dan bisa kamu pelihara di rumah sebagai salah satu koleksi di akuarium rumah.

Kamu pun bisa memilih satu diantara beberapa ikan oscar di bawah ini untuk menjadi salah satu hobi aquascape di rumah, dengan rekomendasi sebagai berikut. 

1. Tiger oscar 

ikan oscar Sumber: Highway Garden Center

Tiger oscar merupakan salah satu variasi ikan yang amat sangat populer dengan tekstur menyerupai harimau.

Pola ikan tersebut memiliki corak yang berada di dekat ekor, dan menutupi seluruh bagian tubuhnya.

Adapun, karakter harimau tersebut memiliki tekstur oranye dan hitam pada garis tubuh ikan dengan bentuk menyerupai kolase. 

Umumnya, tiger oscar memiliki ukuran antara 30 sampai dengan 40 cm. 

2. Super red chilli oscar 

Sama seperti ikan arwana, karakter oscar berwarna merah tergolong melegenda dengan warna yang indah.

Karakter red oscar tersebut memiliki dua paduan warna, yakni hitam sebagai warna gradasi dan merah sebagai aksen utama. 

Warna merah dan hitam tersebut terlihat padu dan menghasilkan inspirasi yang menarik pada akuarium rumah minimalis. 

3. Albino oscar 

ikan oscar Sumber: Arizona Aquatic Gardens

Oscar albino memiliki tekstur seperti orang dengan kulit albino, yakni putih pucat kemerah-merahan seperti bentuk corak ikan mas.

Umumnya, karakter albino disebabkan karena adanya corak kisi-kisi merah dominan pada sisi tubuh sampai dengan siripnya. 

Adapun, harga oscar albino tergolong sedikit lebih mahal dibandingkan jenis oscar lainnya, sehingga spesies ikan ini terlihat paling menarik.

4.  Blue oscar 

Untuk kamu yang menyukai corak oscar anti mainstream, blue oscar merupakan salah satu jenis oscar yang sangat indah dan menarik. 

Pola ikan ini memiliki tekstur biru dan persilangan merah, yang gelap namun terlihat menonjol.

Umumnya, untuk melihat karakter biru yang sangat estetis pada oscar ini bisa terlihat dari sisi cahaya redup di akuarium rumah. 

5.  Black oscar 

ikan oscar Sumber: My Aquarium Club

Mempunyai karakter yang simpel namun berkarakter, oscar hitam merupakan salah satu jenis ikan berkulit gelap yang sangat unik dan indah. 

Adapun, oscar hitam memiliki tekstur yang pekat dengan penambahan aksen abu maupun jingga yang menyerupai oscar macan. 

Meski demikian, tekstur black oscar sepenuhnya hitam dengan menyembunyikan aksen oranye. 

6. White oscar 

Menyerupai oscar albino, oscar putih cenderung mempunyai tekstur putih murni seperti ikan koi putih.

Karakter warna putih tersebut yang pucat menyatu dengan baik mulai dari sisi ekor sampai sisi depan ikan yang terlihat menarik.

Untuk menimbulkan kesan yang menarik, ikan oscar putih ini bisa kamu simpan pada akuarium dengan paduan lampu akuarium yang estetis. 

7. Florida oscar 

ikan oscar Sumber: Big Catch Florida

Oscar florida merupakan salah satu varietas turunan dari oscar hitam dan oscar tiger yang sangat persis. 

Meski dalam satu varietas yang sama, namun florida oscar cenderung mempunyai tekstur yang lebih mudah dikenali, mengingat karakter warna yang lebih muda dan lembut. 

Perlu kamu ketahui, oscar florida mempunyai alam hidup yang sedikit berbeda dibandingkan oscar tiger dan oscar hitam, mengingat kemampuannya hidup di alam liar yang dipengaruhi oleh kualitas makanannya.

8.  Green oscar

Jika sebuah ikan ingin memiliki keunikan namun mengutamakan unsur mistis, green oscar merupakan salah satu inspirasi yang sangat menarik. 

Secara umum, green oscar memiliki karakteristik seperti tiger oscar namun dengan tekstur hijau lumut yang sangat unik. 

Perlu diketahui, padu padan warna pada green oscar terdiri atas tiga jenis, yakni hijau, kuning, dan hitam yang terlihat menarik dalam kondisi gelap. 

10. Veil tail oscar 

ikan oscar Sumber: Pinterest

Veil tail oscar merupakan salah satu jenis oscar yang berbeda dengan jenis lainnya, bahkan sekilas terlihat menyerupai ikan cupang berukuran besar.

Bukan hanya sekadar menyerupai ikan cupang, ikan tersebut mempunyai tekstur warna seperti putih, hitam maupun kemerah-merahan.

Umumnya, ekor mereka ditutupi oleh garis tipis yang membentang, dan keindahan ikan ini terpancar dari sisi ekor tersebut. 

11.  Lemon oscar

Serupa tapi tak sama, ikan oscar lemon merupakan salah satu jenis oscar yang hampir menyerupai oscar albino maupun oscar putih yang menarik di akuarium rumah.

Tak hanya mirip dengan sesama jenis oscar, ikan ini juga memiliki karakteristik yang mirip dengan ikan lemon asli atau Neolamprologus leleupi.

Bukan hanya karakteristik ikannya saja, faktor morfologinya pun juga sama, yakni hampir layaknya ikan predator yang bergerak sangat cepat ketika berada di akuarium.  

Baca Juga: Ikan Discus, Ikan Hias Unik dengan Prospek Budidaya yang Menjanjikan. Simak Tipsnya!

Yang harus kamu perhatikan saat merawat ikan oscar di rumah 

Jika kamu berencana ingin memelihara ikan oscar sebagai salah satu hobi yang prospektif dan menjanjikan, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui bersama. 

Kamu pun bisa memelihara oscar di rumah dengan inspirasi menarik melalui tips-tips berikut ini. 

1. Menghitung kebutuhan penggunaan akuarium pada ikan oscar

Ya, akuarium merupakan media yang tepat untuk memelihara ikan oscar di rumah agar lebih terampil dan menjadi lebih cerdas. 

Meski demikian, penggunaan dan kebutuhan akuarium ini tidak boleh sembarangan, termasuk komposisi dan tatanan air di akuarium ini. 

Adapun, komposisi akuarium pada rumah ini membutuhkan ukuran yang cukup besar, yakni sekitar 200 literan. 

Untuk diketahui, ikan ini memiliki karakter yang cukup sensitif sekalipun sangat peka terhadap lingkungan akuarium rumah. 

Selain itu, ikan ini juga tidak cocok dipadukan dengan ikan lainnya, sehingga sebaiknya ia hidup sendiri pada akuarium secara bebas. 

Tak hanya faktor kebutuhan air dan lingkungan akuarium, kamu juga perlu memperhatikan kualitas air yang baik untuk kebutuhan ikan.

Suhu yang baik pada akuarium berisikan ikan oscar ini berkisar antara 23 sampai 27 derajat celcius dengan angka pH antara 6-8. 

2. Pemberian pakan sebagai hal yang penting 

Selain karakteristik air, pakan oscar juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan lebih lanjut.

Pasalnya, ikan ini harus memiliki nutrisi yang baik dan seimbang saat mereka berada di dalam air. 

Di habitat aslinya, ikan ini merupakan salah satu pemakan serangga ulung dan krustasea yang sangat banyak.

Selain itu, ikan ini juga mampu melahap ikan mas kecil dan umpan Rosy Red Minnows.

Tak hanya sekadar pangan yang baik, ikan ini juga akan tumbuh dengan baik apabila kadar tanaman dan vitamin C yang tinggi.

Kamu pun bisa menggunakan suplemen alga dan ganggang sebagai salah satu sumber serat.

Baca Juga: 12 Ikan Predator Ini Bisa Dipelihara di Rumah, Ada yang Berasal dari Sungai Amazon!

Demikian beberapa hal yang perlu kamu tahu, sebelum memelihara maupun merawat ikan oscar di rumah sebagai hiasan menarik pada akuarium rumah.

Yuk, cari tahu inspirasi menarik seputar hobi yang prospektif dari rumah, selengkapnya di artikel.rumah123.com

"Lagi cari rumah untuk menyimpan koleksi ikan hias yang banyak? Kamu bisa cek Suvarna Sutera Cluster Giri Tahap 2 di sini selengkapnya." 

Bagikan:
2777 kali