Ilustrasi (Foto: Rumah123/iStockphoto)
 

Mengecat sendiri rumah selain bisa mengirit isi kocek, juga bisa dilakukan bersama semua anggota keluarga dalam suasana gembira. Mengisi libur wiken dengan mengecat rumah, itu ide yang oke lho!

Lakukan pengecatan saat siang karena suasana biasanya terang benderang. Sehingga, hasil pengecatan pun bisa maksimal. Hasil pengecatan akan cepat terlihat pada cahaya yang terang, rata tidaknya bisa langsung kelihatan. Juga saat siang cat bisa lebih cepat kering karena udara lebih panas, bukan?

Baca juga: Cara Kreatif Mengecat Dinding

Nah, kalau kamu bisa melakukan langkah-langkah mengecat dengan baik, maka hasilnya pun mungkin bisa lebih bagus daripada tukang cat. Mau coba? Cermati langkah-langkah berikut ini:

Pertama, siapkan peralatan mengecat.

Perlengkapan mengecat antara lain: cat, dempul, cairan pengelupas cat, ampelas, kuas, lakban, dan roller.

Untuk cat, kamu perlu tahu mana yang untuk dinding, kayu, ataupun besi. Pilih cat yang tidak mengandung bahan beracun. Untuk memastikannya, kamu bisa memilih cat yang mempunyai sertifikat keamanan.

Baca juga: Empat Hal agar Aman dalam Mengecat

Kedua,  bersihkan dinding sebelum dicat.

Sebelum mengecat, jauhkan perabotan yang bersentuhan langsung dengan dinding agat tidak kotor atau terciprat cat. Bisa juga tutup perabotan dengan kertas koran atau kain penutup yang lebar.

Mau hasilnya bagus? Bikinlah dinding benar-benar bersih dan kering. Dinding yang masih basah atau lembap bisa bikin hasil pengecatanmu gampang mengelupas.

Bersihkan cat-cat lama yang masih menempel di dinding dengan cairan pengelupas dinding. Setelah cairan dioleskan, tunggu sejenak. Setelah itu, kupaslah cat tembok yang lama.

Baca juga: Empat Hal agar Aman dalam Mengecat

Kalau permukaan tembok masih kasar dan bergelombang atau gak rata, haluskan dengan ampelas. Jika tembok berlubang atau retak-retak, gunakan dempul untuk melapisi dan menghaluskan permukaannya.

Kalau dinding berjamur, berlumut, atau terdapat noda kotoran yang melekat. Cara menghilangkannya adalah dengan menggunakan lap dan air sabun. Kamu juga bisa menggunakan cairan khusus pembersih lainnya.

Baca juga: Awas, Jangan Sembarangan Mengecat Dinding dengan Dua Warna

Ketiga, proses pengecatan.

Jika permukaan dinding sudah kering, rata atau halus, dan bersih, pengecatan pun bisa dimulai. Saat mengecat, hindari menimpa warna atau menyambung karena bisa membuat warna tidak rata.

Lakukan pengecatan dengan satu tarikan garis panjang. Kalau mengecat dengan roller akan lebih mudah dengan memadukan teknik mengecat vertikal dan horizontal. Gunakan selotip atau lakban untuk membatasi daerah yang tak ingin dicat.

Nah, gampang kan? Ayo, cat sendiri rumahmu agar lebih berkesan.

Bagikan: 2587 kali