Kanker yang sudah dinyatakan sembuh ternyata bisa kambuh kembali, ini alasannya - Rumah123.com Kanker yang sudah dinyatakan sembuh ternyata bisa kambuh kembali, ini alasannya - Rumah123.com

Berita duka datang dari industri entertainment Indonesia. Aktor senior Ria Irawan meninggal dunia pada 6 Januari 2020 usai berjuang dari penyakit kanker kelenjar getah bening. Berita ini cukup mengejutkan masyarakat Indonesia. Sebab, sebelumnya mendiang Ria Irawan sempat dinyatakan bersih dari kanker pada awal tahun 2019. Hal ini pun dialami mendiang Ustaz Arifin Ilham beberapa waktu lalu. Penyakit kanker yang diderita beliau sempat dinyatakan sudah sembuh, namun ternyata kembali kambuh hingga merenggut nyawanya.

Sebenarnya, apa yang membuat kasus seperti ini terjadi? Mengapa penyakit kanker yang sudah dinyatakan hilang dan sembuh, bisa kembali lagi? Berikut penjelasannya menurut beberapa ahli.

Sel kanker pada dasarnya tak bisa hilang

Dilansir dari Detik.com, Prof Dr dr Soehartati, SpRad, Onk.Rad menjelaskan mengenai hal ini. Sel kanker memang pada dasarnya tidak dapat hilang. Setelah seseorang sudah menjalani berbagai pengobatan, sel kanker akan 'bersembunyi' sampai pada titik tertentu yang menyebabkan ia akan muncul kembali.

Baca juga: 4 Gejala Penyakit Autoimun yang Sering Tak Disadari

Karakteristik kanker terdiri dari banyak sel

Sedangkan seperti yang dilansir Kompas.com, Prof Dr dr Aru Wisaksono Sudoyo, Sp PD-KHOM selaku Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dan Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia (POI) juga menerangkan seputar hal ini. Karakteristik kanker terdiri dari banyak sel. Jika ada sel kanker yang masih awal dan lolos dari sasaran kemoterapi, ia bisa memunculkan kanker kembali dalam beberapa tahun. Dari 1 miliar sel lalu terbunuh semua, kecuali satu, ia lama-lama jadi kanker lagi.

Baca juga: Penderita GERD, Hindari 6 Makanan Pemicu Asam Lambung Naik Ini!

Pasien tak rajin kontrol setelah dinyatakan sembuh

Masih dari Prof Aru, ia pun mengakui bahwa ada pasiennya yang terkena kanker kembali setelah delapan tahun dan penyakit tersebut sudah mencapai tulang. “Itulah mengapa setelah selesai kemoterapi dan sudah jadi bagus sekalipun, pasien tidak boleh lupa dengan dokternya. Harus kontrol terus setiap enam bulan sampai setahun,” katanya.

Sel kanker baru dinyatakan sembuh jika tak pernah kambuh dalam 5 tahun

Apabila kanker tidak kambuh dalam lima tahun, para dokter bedah onkologi baru berani berkata bahwa kemungkinan kanker kambuh hanya 0,00000 sekian persen. 

Pengaruh paparan lingkungan dan riwayat keluarga

Dilansir dari Live Strong, risiko untuk kembali mengidap kanker juga berbeda tiap orangnya, yang dipengaruhi oleh paparan lingkungan dan riwayat keluarga. 

Bagikan:
2347 kali