OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Apakah Sah Tempati Rumah Tanpa Sertifikat Selama Puluhan Tahun? Ini Jawabannya!

20 Oktober 2022 · 3 min read Author: Nik Nik Fadlah

rumah tanpa sertifikat

Apakah sah jika kita menempati rumah tanpa sertifikat meskipun sudah membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Secara rutin? Cari tahu jawabannya dalam ulasan berikut. 

Kabar mengenai rumah Wanda Hamidah yang didatangi oleh pihak kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) tentunya mengejutkan publik. 

Bagaimana tidak, rumah yang telah ditempatinya sejak puluhan tahun ini digusur paksa oleh pihak berwenang. 

Alasannya, aktris sekaligus polisi Partai Nasdem ini tidak memiliki bukti kepemilikan yang sah, hanya bermodalkan Surat Izin Penghunian (SIP) yang sejak tahun 2012 silam sudah tidak berlaku.

Terkait dengan hal tersebut, sebagian orang mempertanyakan bagaimana jadinya jika menempati rumah tanpa sertifikat. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Apakah Sah Menempati Rumah Tanpa Sertifikat?

rumah tanpa sertifikat apakah sah

Sumber: Okezone.com

Perlu diketahui Property People, jika ingin membeli atau sudah menempati rumah, kita harus memerhatikan berbagai kelengkapan surat.

Mulai dari Surat Hak Milik (SHM), Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB), Izin Mendirikan Bangunan (IMB), bukti PBB, dan yang terpenting adalah sertifikat tanah atau rumah. 

Namun, bagaimana jadinya jika kita telah menempati rumah tanpa sertifikat tanah sejak lama tapi rutin membayar PBB

Jika demikian, ada dua opsi, yakni kamu bisa mengurus surat-surat agar hunian sah menjadi milik pribadi dan tidak.

Melansir laman resmi lassaadvocate.com, dalam Pasal 24 ayat (2) Peraturan Pemerintah (PP) No.24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah dijelaskan seluk-beluk terkait dengan keabsahan tanah.

Pasal tersebut menegaskan, seseorang yang menguasai fisik tanah selama kurun waktu 20 tahun secara terus-menerus bisa mendaftarkan diri sebagai pemegang sah atas rumah dan tanah tersebut. 

Bunyi Pasal Tentang Pendaftaran Tanah

Agar Property People lebih memahami, berikut detailnya. 

Dalam hal tidak atau tidak lagi tersedia secara lengkap alat-alat pembuktian sebagaimana dimaksud pada ayat (2).

Pembukuan hak dapat dilakukan berdasarkan kenyataan penguasaan fisik bidang tanah yang bersangkutan selama 20 (dua puluh) tahun atau lebih secara berturut-turut dengan syarat:

  1. Penguasaan tersebut dilakukan dengan itikad baik dan secara terbuka oleh yang bersangkutan sebagai yang berhak atas tanah, serta diperkuat oleh kesaksian orang yang dapat dipercaya.
  2. Penguasaan tersebut baik sebelum maupun selama pengumuman sebagaimana dimaksud dalam Pasal 26 tidak dipermasalahkan oleh masyarakat hukum adat atau desa/kelurahan yang bersangkutan ataupun pihak lainnya.

Bisakah Mendaftarkan Sertifikat?

pendaftaran tanah

Adapun yang dimaksud dengan penguasaan fisik yang beritikad baik dan terbuka adalah penguasaan yang didasarkan tanpa adanya kebohongan.

Dengan kata lain, penghuni tempat tinggal tidak pernah mendapatkan komplain atau gugatan tanah dari pihak mana pun selama kurun waktu tertentu. 

Namun, jika terdapat gugatan atau terdapat pihak yang keberatan, maka Pasal 24 PP No. 24 Tahun 1997 tidak bisa menjadi dasar untuk diberikannya hak baru. 

Singkatnya, meskipun sudah tinggal dan menetap selama puluhan tahun, Property People tidak dapat mendaftarkan sertifikat rumah atau tanah karena adanya keberatan dari pihak lain. 

Sah dan diperbolehkan hanya jika sudah menempati tanah dan rumah selama puluhan tahun berturut-turut dan membayar pajak secara rutin.

Kemudian, kamu dapat mengurusnya jika tidak ada sengketa tanah dengan pihak lain. Untuk mengurus sertifikat rumah, bisa dilakukan di Badan Pertahanan Nasional.

***

Itulah informasi mengenai rumah tanpa sertifikat. 

Semoga artikel ini bisa membantu ya, Property People!

Baca juga ulasan artikel gaya hidup, kabar properti hingga inspirasi desain, hanya di artikel.rumah123.com.

Jangan lupa, untuk membaca ulasan lainnya di Google News Rumah123.com.

Bila kamu ingin cari rumah impian, yuk temukan beragam rekomendasi terbaiknya di Rumah123.com, karena kami #AdaBuatKamu.

Rekomendasi terbaik untuk memiliki rumah minimalis modern di kawasan Bogor, Jawa Barat, pastinya Padina Soho and Residence.


Tag: , ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA