Foto: Rumah123/iStock

Salah satu alasan utama gak punya rumah, karena gak ada uang untuk membelinya. Kalau terus berdalih pada alasan yang satu ini, selamanya kamu gak bakal punya rumah. Tahu kenapa? Gak ada usaha yang dilakoni sih. Wajar dong kalau niat punya rumah tinggal niat aja  tanpa terlaksana.

Menurut perencana keuangan Ligwina Hananto (40), kalau gak ada uang cash, salah satu upaya untuk mengadakannya ya dengan menabung. Wah, berapa lama harus menabung untuk kebeli sebuah rumah? Eits! Kalau cuma nabung uang muka (DP)-nya saja ya kan gak lama, paling lama ya dua tahun aja.

Baca juga: Setelah 6 Tahun Menabung, Pasangan Muda Ini pun Kebeli Rumah, Kalau Kamu?

Tetapkan hati untuk menabung DP. Tabunglah 30% dari gajimu jangan lebih dari dua tahun. Kenapa? Lebih dari dua tahun, harga rumah semakin tinggi dan tabunganmu tak akan cukup lagi untuk memenuhi DP. Jangan lupakan juga bahwa selain DP, ada biaya-biaya lain yang harus kamu bayar semisal pajak, biaya administrasi, biaya pengikatan kredit, dll.

Tambahkan Tunjangan Hari Raya (THR) dan Bonus ke dalam tabungan DP. Kalau kamu memang berniat kuat ingin punya rumah, dahulukan urusan yang satu ini. Bisa 50% dari THR-mu, bahkan 100%.

Baca juga: Berkat Investasi Properti dan Menabung, Generasi Milenial Ini Bisa Jadi Miliarder

Masih belum memenuhi jumlah DP yang kamu sasar? Tambahkan dengan penghasilan tambahan semisal kerja paruh waktu. Harus kerja keras banget? Yaaa... sesuaikan aja dengan kemampuan energimu.

Yang penting kamu fokus pada tujuan membeli rumah. Kamu benar-benar menabung untuk bisa membeli rumah. Kalau kurang fokus, bisa-bisa uang tabungan untuk DP kamu belanjakan hal lain. Maklum, belanja memang godaan terberat orang yang nyimpan uang.

Baca juga: Sudah Persiapkan DP Rumah Cukup dengan Menabung

Dengan anggaran terbatas, mungkin kamu harus memilih rumah di pinggiran kota. Namun, jangan surut. Saat ini moda transportasi dan infrastruktur sedang giat dibangun pemerintah.

Kuatkan hati agar kamu dapat mengatasi setiap pikiran kerdil. Coba cari tahu alternatif transportasi, juga kenali prospek perkembangan wilayah lokasi rumah dalam beberapa tahun ke depan.

Baca juga: Paksa Diri Beli Rumah Sebelum Anak Masuk Sekolah, Eh Ternyata Bisa Juga Lho!

Kalau kamu belum siap berumah jauh di pinggiran kota, gak perlu dipaksakan. Tinggal di rumah orangtua atau mertua pun gak masalah selama kamu tetap berusaha mempersiapkan rumah sendiri.

Kalau kamu saat ini belum bisa menempati rumah yang kamu beli, ya gak masalah. Yang penting rumahmu sendiri sudah tersedia, sehingga tinggal di mertua indah tak akan selamanya!

 
Bagikan: 8411 kali