Rumah Tua- Rumah123.com Biro Arsitek Asal Belanda, Artesk van Royen Architecten Mendesain Ulang Sebuah Hunian Tua di Maastricht, Belanda (Foto: Rumah123/Dezeen)

Sebuah rumah berusia 300 tahun memiliki area tambahan baru yang berdesain modern kontemporer. Mungkin desain ini bisa menjadi inspirasi kamu yang memiliki rumah jadul.

Seperti dilansir oleh situs desain Dezeen, biro arsitek Artesk van Royen Architecten mendesain ulang sebuah hunian yang berdiri pada abad 17 dengan menambah bagian baru yang lebih modern.

Dahulu, bangunan ini adalah tempat tinggal para pendeta dan biarawati. Lantas bangunan ini beralih fungsi menjadi hunian.

Baca juga: Mendesain Ulang Rumah Tua Menjadi Lebih Modern Minimalis, Bisa Kok!

Rumah Tua- Rumah123.com Arsitek Menambahkan Bangunan Baru Pada Bangunan Lama. Bangunan Baru Ini Berdesain Modern Kontemporer (Foto: Rumah123/Dezeen)

Bangunan ini berada di Maastricht, Belanda. Lokasinya berada di kawasan yang penuh dengan bangunan-bangunan bersejarah.

Arsitek menambahkan bangunan baru seluas 33 meter persegi. Bangunan baru ini hanya berupa ruang duduk yang berkonsep open space. Letaknya bersebelahan dengan dapur.

Dinding dan plafon ruangan ini bercat warna putih. Lantainya memakai teraso. Arsitek tidak memasukkan banyak dekorasi kecuali sebuah pajangan dinding yang besar.

Baca juga: Rumah Tua Itu Keren Kok, Lihat Saja Hunian yang Satu Ini

Rumah Tua- Rumah123.com Arsitek Mendesain Bangunan Baru Ini dengan Memakai Material Kaca, Baja, dan Seng. Bangunan Baru Ini Memiliki Luas 33 Meter Persegi (Foto: Rumah123/Dezeen)

Ruangan ini hanya berisi seperangkat kursi dan meja makan, serta dua kursi untuk bersantai. Ruangan ini menghadap ke taman.

Arsitek mendesain pintu kaca berukuran besar. Selain itu, ada sejumlah kaca pada bagian atas yang dipasang. Keberadaan pintu dan jendela kaca ini membuat ruang tambahan ini menjadi terang berkat cahaya matahari.

Dalam mendesain bangunan baru ini, arsitek menggunakan material kaca, baja, dan seng. Meski desain arsitekturnya memang modern namun masih tetap selaras dengan bangunan lama yang bergaya Abad Pertengahan.

Baca juga: Perpaduan Sempurna Gaya Jadul dan Desain Kekinian

Rumah Tua- Rumah123.com Bangunan Lama Dibangun Pada Abad ke-17. Arsitek Tidak Berusaha Menyamakan Desain Lama dengan Desain Baru (Foto: Rumah123/Dezeen)

Artesk van Royen Architecten tidak berupaya untuk menyamakan atau menyesuaikan desain bangunan baru dengan bangunan yang lama. Arsitek beranggapan bahwa bangunan lama sudah sudah ada dan tidak perlu dibandingkan dengan bangunan baru.

Bangunan baru ini diharapkan bisa tetap ada hingga seratus tahun mendatang. Bahkan, arsitek sudah membayangkan jika bangunan tetangga dirobohkan, keseluruhan bangunan tetap selaras.

Kalau kamu memiliki rumah warisan dari kakek nenek, kamu bisa mendesain ulang dengan mengubah desain interior atau menambahkan bangunan baru yang bergaya modern kontemporer.

Baca juga: Rumah Jadul Berusia 200 Tahun yang Bergaya Modern

Rumah Tua- Rumah123.com Bangunan Baru Menghadap ke Taman dan Bersisian dengan Bangunan Lama yang Telah Berusia 300 Tahun (Foto: Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 4275 kali