investasi properti Ilustrasi. Saat Ini, Permintaan Hunian Kelas Menengah ke Atas di Karawang Mulai Meningkat. Karawang Menjadi Salah Satu Kawasan Industri yang Tumbuh Pesat di Timur Jakarta (Foto: Rumah123/Freepik.com)

 

Area Karawang terus berkembang pesat dengan pusat industri yang dipenuhi ekspatriat. Saatnya untuk melirik prospek investasi properti di Karawang. 

Saat ini, perkembangan kawasan Timur Jakarta memang pesat. Setelah Bekasi, Cikarang dan Karawang juga semakin berkembang. 

Bekasi dan Cikarang masuk ke dalam Kabupaten Bekasi, meski ada juga Kota Bekasi. Sementara Karawang masuk ke Kabupaten Karawang. 

Ada sejumlah kawasan industri besar di Bekasi, Cikarang, dan juga Karawang. Di Karawang setidaknya ada sembilan kawasan industri besar. 

Kawasan industri tersebut adalah Karawang International Industrial City (KCIC), Bukit Indah City, dan Surya Cipta Industrial Area. 

Lantas ada Karawang Jabar Industrial Estate, Podomoro Industrial Park, Kujang Industrial Area, Mitra Karawang Industry, GT Tech Park Karawang, dan Artha Industrial Hill. 

Sederetan perusahaan nasional dan multinasional memiliki pabrik atau gudang di sembilan kawasan industri ini. 

Adanya kawasan industri dan juga kawasan niaga terpadu tentunya memunculkan permintaan hunian atau residensial. 

Karawang Diuntungkan oleh Infrastruktur di Kawasan Timur Jakarta 

Kawasan Timur Jakarta atau yang dikenal dengan nama Koridor Timur Jakarta memang sedang berbenah. 

Sebelumnya, kawasan Barat Jakarta seperti Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang yang berkembang. 

Saat ini, giliran Timur Jakarta yang sedang tumbuh berkembang dengan pesat. Ada sejumlah hal yang menyebabkan hal tersebut. 

Salah satunya adalah pembangunan infrastruktur yang masif di Timur Jakarta. Ada sepuluh pembangunan infrastruktur di kawasan ini. 

Beberapa di antaranya adalah Jalan Layang Jakarta Cikampek, jalur rel dwi ganda atau double double track, Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2. 

Selanjutnya ada Bandara Internasional Kertajati, Pelabuhan Patimban, Jalur Cikampek Selatan, dan LRT (Light Rail Transit/Lintas Rel Terpadu). 

Lantas ada MRT (Mass Rapid Transit/Moda Raya Terpadu), Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya, dan lainnya.

Jalan Layang Tol Jakarta-Cikampek sudah beroperasi sejak beberapa waktu lalu. Bandara Internasional Kertajati juga sudah mulai digunakan. 

Kereta Cepat Jakarta-Bandung masih terus dikerjakan, meski sempat dihentikan sementara oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 

Proyek infrastruktur lainnya sudah melakukan studi kelayakan. Dalam beberapa tahun ke depan, kawasan Timur Jakarta akan semakin berkembang. 

Investasi Properti dan Permintaan Hunian di Karawang 

Perkembangan Kabupaten Karawang sebagai wilayah yang penuh dengan kawasan industri tentunya memunculkan permintaan hunian berkelas. 

Perusahaan nasional dan multinasional berskala besar memiliki karyawan pada level manajerial menengah ke atas dan ekspatriat. 

Mereka membutuhkan tempat tinggal di Karawang. Tentunya mereka tidak mungkin untuk tinggal di Jakarta. 

Premier Qualitas Indonesia dan Trisula Group bekerja sama untuk mengembangkan proyek perumahan di Karawang. 

Sebelumnya, kedua developer membangun proyek hunian tapak di kawasan Ciracas, Jakarta Timur. 

Kedua perusahaan pengembang akan membangun 2.500 unit rumah di atas lahan seluas 28 hektare.

President Director Premier Qualitas Indonesia Tommy Wong menyatakan proyek ini terdiri dari residensial dan komersial. 

Hunian ini nantinya dipasarkan untuk kelas menengah ke atas. Rumah akan berdesain modern minimalis. 

Lahan perumahan ini berada di lokasi terbaik. Kedua perusahaan pengembang optimistis kalau hunian tapak ini bisa laku terjual dalam beberapa bulan. 

Baca juga: KRL Commuter Line Akan Menjangkau Karawang

Baca juga: Karawang Kian Berkembang, Mau Punya Hunian di Sini?

 
Bagikan:
1495 kali