menara saidah- rumah123.com Menara Saidah Kembali Viral. Sejumlah Kisah Horor Terkait Menara Saidah Beredar di Dunia Maya. Gedung Ini Juga Diklaim Miring dan Juga Sudah Kosong Selama 10 Tahun (Foto: Rumah123/Motorplusonline.com/Tribunnews.com)

Menara Saidah kembali viral. Gedung perkantoran ini sudah lama kosong lantaran dianggap miring. Saat ini, cerita horor soal gedung ini kembali beredar.

Bagi yang sering melewati Jalan Mas Tirtodarmo Haryono alias Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan, pasti familiar dengan gedung yang satu ini. Gedung ini berdesain ala Romawi dengan pilar-pilar besar.

Nama gedung ini adalah Menara Saidah. Belakangan Menara Saidah kembali viral lantaran cerita horor. Hmm, sepertinya kisah menakutkan seperti KKN di Desa Penari memang mudah menarik perhatian publik.

Baca juga: Pagar Proyek LRT Amblas, Menara Saidah Bakal Semakin Miring?

Situs berita online Detik.com melansir bahwa gedung ini dibangun oleh kontraktor PT Hutama Karya selama tiga tahun. Awalnya, gedung ini bernama Gracindo. Gedung ini menjadi bangunan pencakar langit pertama yang dibangun oleh Hutama Karya. Biaya pembangunannya mencapai Rp50 miliar.

Semula, kepemilikan gedung atas nama Mustika Ratu yang dimiliki oleh Mooryati Sudibyo. Pada 1995, Menara Saidah dilelang.

Pemenang lelang adalah keluarga Saidah. Gedung ini dinamakan atas nama perempuan tersebut. Pengelolaannya dilakukan oleh putra kelima Saidah, Fajri Setiawan.

Baca juga: Sebetulnya Menara Saidah Miring atau Nggak Sih?

Setelah itu, kepemilikan beralih ke putra Saidah lainnya, Fahmi Darmawansyah. Dia adalah suami dari artis Inneke Koesherawati.

Saat ini, Fahmi meringkuk di Penjara Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Dia terjerat kasus korupsi Bakamla (Badan Keamanan Laut).

Menara Saidah Kosong Sejak 2009

Setelah dibangun dan juga berganti kepemilikan, sejumlah perusahaan dan lembaga menjadi penyewa Menara Saidah. Beberapa perusahaan di antaranya adalah BNI dan ANTV.

Kementerian Negara Percepatan Pembangunan Wilayah Timur Indonesia juga pernah berkantor di sini. Kementerian ini berganti nama tiga kali sejak Presiden Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Joko Widodo. Saat ini, kementerian ini bernama Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal, dan Transmigrasi.

Detik.com melansir bahwa Menara Saidah pernah diisi oleh 34 tenant yang menyewa gedung. Namun, sejak 2009, gedung ini kosong.

Menara Saidah Sempat Diklaim Miring

Sudah cukup lama, Menara Saidah diklaim miring. Namun, kontraktor Hutama Karya membantahnya pada 2013. Situs berita online CNBCIndonesia.com melansir pernyataan Kepala Dinas Cipta Karya, Pertanahan, dan Tata Ruang DKI Jakarta, Heru Hermawanto membantah kabar tersebut pada Senin (30/9/2019). Heru menyatakan pemerintah provinsi sempat meminta agar gedung ini dirawat dan difungsikan serta tidak dibiarkan kosong.

Dia menyatakan mungkin masalah internal dalam keluarga pemilik yang menyebabkan gedung ini tidak dikelola lagi. Kondisi gedung ini memang memprihatinkan lantaran tidak dirawat.

Pada 2017, ada bagian proyek LRT Jabodebek yang ambles persis di depan Menara Saidah. Namun, gedung ini dinyatakan aman.

Cerita Horor di Menara Saidah

Kisah lain soal gedung ini adalah cerita horor. Para netizen membicarakannya via media sosial bahwa ada sejumlah cerita horor terkait Menara Saidah.

Banyak orang yang mengklaim ada penampakan wanita berbaju merah di lantai tiga. Atau sejumlah pekerja yang diganggu oleh mahluk halus.

Bahkan, sejumlah ojek online mengaku mendapatkan order dari lobby Menara Saidah pada pukul 23.00 WIB (Waktu Indonesia Barat). Padahal gedung ini tidak ada yang menghuninya.

Baca juga: Wah, Ternyata Banyak Bangunan Miring di Dunia, Ga Hanya Gedung DPR Aja Lho

Bagikan: 493051 kali