Dubai Akan Memiliki Burj Jumeira yang Memiliki Tinggi 550 Meter. Bangunan Pencakar Langit Memiliki Tinggi Empat Kali Monumen Nasional Alias Monas (Foto: Rumah123/Designboom)

Dubai bakal memiliki menara pencakar langit terbaru. Tingginya 550 meter. Bayangkan kalau bangunan ini tingginya empat kali lebih tinggi dari Monumen Nasional atau Monas.

Perdana Menteri Uni Emirat Arab sekaligus pemimpin Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum mulai memperkenalkan Burj Jumeira. Pembangunan akan segera dilakukan oleh Dubai Holding karena fase pertama akan selesai pada 2023.

Dubai merupakan salah satu dari tujuh Emir di Uni Emirat Arab (UEA). Dubai merupakan kota dengan jumlah penduduk terbesar di UEA dengan 3,6 juta jiwa.

Baca juga: Kayak Gimana Ya Menginap di Hotel Tertinggi di Dunia?

UEA dan Dubai memang ingin meneruskan visi menjadi kota masa depan. Sejumlah bangunan dan juga infrastruktur dengan desain keren bakal hadir di sini.

Bentuk Burj Jumeira mengambil inspirasi dari gelombang pasir di gurun dan juga ombak di lautan. Kebetulan, Dubai berada di pinggir pantai.

Burj Jumeira berlokasi di kawasan Al Sufouh. Area ini merupakan kawasan pengembangan baru di Dubai bagian Barat. Luasnya mencapai 7 kilometer persegi.

Baca juga: India Pamer Patung Tertinggi di Dunia, Tingginya Setara Gedung 50 Lantai

Desain bangunan ini memiliki fasad yang bisa menjadi layar digital untuk mempertontonkan kegiatan sosial atau perayaan. Gedung ini memiliki amfiteater luar ruangan, taman, dan juga kawasan ritel.

Burj Jumeira memiliki tinggi 550 meter. Kabarnya akan menjadi bangunan tertinggi kedua di Dubai. Bandingkan dengan tinggi Monumen Nasional yang hanya 132 meter. Tinggi Burj Jumeira lebih dari empat kali Monas.

Pernah tahu Gama Tower, menara pencakar langit tertinggi di Indonesia dengan tinggi 308 meter. Hmm, tingginya masih kalah jauh dari Burj Jumeira ya.

Baca juga: China Masih Jadi Juara Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Dunia Pada 2018

Bagikan: 585 kali