Stadion Kaliningrad yang Digunakan untuk Piala Dunia 2018 Rusia (Rumah123/Stadium Guide)

Stadion Kaliningrad menjadi salah satu dari lima stadion baru yang dipersiapkan untuk penyelenggaran Piala Dunia 2018 Rusia. Stadion ini juga memiliki nama Arena Baltika dan menjadi kandang klub Liga Rusia, Baltika Kaliningrad.

Kaliningrad mulai dibangun sejak 2015. Pembangunannya baru selesai pada 2018 ini. Biaya pembangunannya mencapai 257 juta euro (Rp4,3 triliun). Biro arsitek asal Prancis, Wilmotte & Associes merancang desain stadion yang berada di kota Kaliningrad.

Baca juga: Mimpi Bareng Yuk! Kapan Indonesia Punya Stadion Keren Kayak Gini?

Konsep desain stadion ini mengambil inspirasi dari Stadion Allianz Arena di Munich, Jerman. Allianz Arena menjadi home base klub Bundesliga Jerman, Bayern Munich dan juga pernah menjadi stadion penyelenggara Piala Dunia 2006 Jerman.

Kaliningrad memiliki kapasitas hanya 35.212 penonton. Setelah Piala Dunia 2018, kapasitasnya bakal dikurangi menjadi 25.000 penonton saja.

Baca juga: Gagal ke Piala Dunia 2018, Timnas Belanda dan Italia Gak Bakal Main di Stadion Luzhniki

Stadion ini hanya menjadi tuan rumah pertandingan penyisihan grup selama penyelenggaraan Piala Dunia 2018. Empat pertandingan itu adalah Grup B, D, E, dan G. Kapasitas yang kecil menjadi pertimbangan panitia penyelenggara.

Juara Dunia 2010 Spanyol akan berjumpa Maroko dalam penyisihan Grup B pada 25 Juni. Spanyol masih bakal dihuni para bintang dua klub raksasa Liga Spanyol, Barcelona dan Real Madrid.

Baca juga: Mau Lihat Stadion Futuristik dan Eco-Friendly dengan Material Kayu?

Sementa Juara Dunia 1966 Inggris bertemu Belgia dalam penyisihan Grup G pada 28 Juni. Dua pertemuan negara ini akan menyuguhkan para bintang yang berlaga di Liga Inggris.

Para pemain kedua negara memperkuat sederetan tim papan atas seperti Arsenal, Manchester United, Manchester City, Arsenal, Liverpool, Chelsea, dan Tottenham Hotspur.

Baca juga: Klub Inggris Burnley Pasang Barikade di Luar Stadion untuk Atasi Serangan Teroris

Hmm, jadi pengen nonton Piala Dunia 2018 secara langsung di Stadion Kaliningrad ya? By the way, apa kabar stadion-stadion yang bakal digunakan untuk Asian Games 2018 Jakarta-Palembang ya?

Bagikan: 577 kali