Terminal Pelabuhan yang Didesain oleh SANAA (Rumah123/Dezeen)

Seperti kumpulan awan yang jatuh ke bumi. Inilah yang dilihat pada sebuah pelabuhan di Kepulauan Naoshima, Jepang.

Dua arsitek Jepang, Kazuyo Sejima dan Ryue Nishizawa yang tergabung dalam biro arsitek SANAA mendesain terminal penumpang menanti kedatangan kapal. Desain terminal ini memang unik karena berbentuk awan.

Baca juga: Gedung DPR Miring? Bangunan Ini Malah Dirancang Miring Beneran

Terminal ini menggantikan terminal lama yang berada di Desa Honmura, provinsi Kagawa, salah satu dari dua pelabuhan utama di kawasan Laut Seto, Jepang.

Terminal ini menjadi tempat menunggu penumpang. Sejumlah fasilitas tersedia di sini seperti tempat duduk dan kamar kecil.

Baca juga: Wow, Rumah Ini Dirancang Anti Banjir dan Badai Lho

Mereka bisa beristirahat setelah setelah memarkir sepeda atau motor. Mereka juga bisa memakai kamar kecil sebelum melanjutkan perjalanan.

Awan yang berada di terminal ini memiliki tinggi 8 meter dan berbentuk awan cumulonimbus. Material yang digunakan adalah plastik dan fiber. Awan ini ditopang oleh kerangka kayu.

Baca juga: Rumah Keren Arsitek Spesialis Stadion, Yuk Main ke Sini

Saat malam, terminal awan ini semakin indah lantaran bersinar. Hal ini bisa terjadi karena awan ini dibuat dari material transparan.

Kawasan ini sendiri dikenal memiliki destinasi wisata seni kontemporer. Lantaran itu juga terminal pelabuhan ini didesain menjadi salah satu tempat yang ikonik sebelum menuju destinasi tersebut.

Baca juga: Mau Hadir di Piala Dunia 2022? Ada Stadion Berbentuk Peci Lho

Di daerah ini, ada Chichu Art Museum yang didesain oleh arsitek otodidak Tadao Ando atau patung Labu Kuning karya seniman Yayoi Kusama.

“Kami ingin menciptakan sesuatu yang menjadi landmark bagi para penghuni pulau dan juga bagi para pengunjung yang datang ke pulau untuk pertama kalinya, jadi mereka dengan mudah bisa menemukan tempat untuk naik ke kapal,” ujar Sejima dan Nishizawa seperti dikutip oleh laman desain dan arsitektur Dezeen.

Baca juga: Balkon Hijau Penuh Tanaman, Mau Bikin Juga Ga?

Sejima dan Nishizawa menyatakan kalau bentuk yang unik dari terminal ini memudahkan siapa saja yang mencari terminal kapal. Mereka bisa melihat dari kejauhan kalau ada bangunan unik. Keduanya berharap kalau bangunan unik ini menjadi simbol baru di Kepulauan Naoshima.

Hmm, berhubung Indonesia juga negara kepulauan, pernah melihat nggak kalau ada terminal kapal yang unik seperti ini? Wah, lucu kali ya kalau saat menanti kedatangan kapal, kamu bisa ber-selfie dan mengunggahnya ke media sosial.

Bagikan: 1660 kali