forest-green-rovers-1 Stadion Forest Green Rovers (Rumah123/Daily Mail)

Para pendukung klub sepak bola asal Inggris, Forest Green Rovers bakal senang karena tim kesayangan mereka akan memiliki stadion baru yang ramah lingkungan (eco-friendly).

Forest Green Rovers merupakan salah satu tim yang berkompetisi di Divisi National League alias Divisi V dalam struktur Liga Inggris.

Baca juga: Didesain Ulang, Rumah Sakit Ini Mirip Taman Kanak-Kanak

Divisi V ini diikuti oleh klub yang profesional, semi profesional, dan amatir. Sementara klub-klub elit berlaga di Divisi I alias Liga Primer Inggris.

Stadion anyar Forest Green Rovers ini akan memiliki nama Eco Park dan mempunyai  luas total sekitar 40 hektar.

Baca juga: Luar Biasa, Fotografer Jerman Potret 500 Halte Bus Era Uni Soviet Selama 7 Tahun!

Letak stadion baru ini sekitar 22,5 km arah Barat Daya dari The New Lawn. Rencana pembangunan Eco Park menelan biaya mencapai 100 juta pound (Rp 1,6 triliun).

Stadion Eco Park bakal dibuat dengan material kayu, memiliki banyak ruang terbuka, serta mengolah sinar matahari menjadi tenaga listrik.

Baca juga: Wuih, Semua Bangunan di Kota Kecil Ini Penuh Lukisan Bunga Lho

Arsitek yang merancang Eco Park adalah biro arsitek Zaha Hadid Architects asal Inggris. Biro ini didirikan oleh mendiang Zaha Hadid, perempuan kelahiran Irak yang meninggal pada 31 Maret 2016.

Sebenarnya, sayembara ini diikuti oleh 50 biro arsitek yang berasal dari Prancis, Swedia, Irlandia, Jerman, dan Amerika Serikat. Setelah itu peserta disaring lagi menjadi 9 finalis dan kemudian dipilih lagi menjadi 2.

Baca juga: 10 Hotel Bernuansa Seni yang Harus Kamu Kunjungi (Bagian 5)

Setelah manajemen Forest Green Rovers melakukan penilaian, akhirnya ada finalis dan kemudian pemenangnya jatuh ke tangan biro arsitek Zaha Hadid Architects . Kompetisi ini sendiri berlangsung selama tujuh bulan.

Uniknya, Zaha Hadid Architects tidak memiliki rekam jejak yang luar biasa untuk membangun infrastruktur olahraga dalam skala besar.

Baca juga: 10 Hotel Bernuansa Seni yang Harus Kamu Kunjungi (Bagian 4)

Zaha Hadid hanya pernah mendesain London Aquatics Centre yang digunakan untuk Olimpiade 2012 London di Inggris.

Sebenarnya, Zaha Hadid pernah memenangkan kompetisi mendesain National Olympic Stadium pada 2012 sebagai bagian dari persiapan Olimpiade 2020 Tokyo, Jepang.

Baca juga: 10 Hotel Bernuansa Seni yang Harus Kamu Kunjungi (Bagian 3)

Namun, pada 2015, Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe membatalkannya karena rancangan Zaha Hadid dianggap terlalu mahal.

Daily Mail sempat melansir kalau biro arsitek Zaha Hadid akan mendesain 5 dari 12 stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca juga: 10 Hotel Bernuansa Seni yang Harus Kamu Kunjungi (Bagian 2)

Meski sebenarnya separuh dari stadion malah dirancang oleh arsitek senior asal Jerman, Albert Speer bersama biro arsiteknya Albert Speer & Partners.

Tetapi, Zaha Hadi memang memenangkan salah satu kontrak untuk mendesain Saoud bin Abdul Rahman Al-Thani Stadium di kota Al Wakrah.

Baca juga: 10 Hotel Bernuansa Seni yang Harus Kamu Kunjungi (Bagian 1)

Stadion ini hanya berkapasitas 12 ribu tempat duduk. Stadion ini sempat menimbulkan kontroversi karena dianggap mirip alat vital perempuan.

Bagikan: 874 kali