Butik dengan Taman yang Didesain oleh Vao Arquitetura (Rumah123/Dezeen)

Awalnya, bangunan ini hanyalah gedung tiga lantai yang gelap dan pengap. Hanya ada empat jendela yang ada pada fasad bangunan.

Bangunan ini kemudian menjadi butik pakaian untuk merek Acola. Butik ini berada di salah satu kota terbesar di Brasil, Sao Paulo.

Baca juga: Menghadirkan Rumput di Taman Atap? Bagaimana Caranya, Sih?

Berbeda halnya dengan butik kebanyakan, biro arsitek asal Brasil, Vao Arquitetura mengubahnya menjadi lebih cantik dengan menghadirkan taman dalam ruangan.

Vao Arquitetura melakukan sejumlah perubahan dalam bangunan agar terlihat lebih hijau dan lebih terang. Biro arsitek menghilangkan sejumlah bagian lantai atas.

Baca juga: Kantor Diubah Jadi Apartemen Plus Taman dan Kolam Renang, Wow Keren Banget!

Lantas ada skylight pada bagian atap sehingga cahaya yang masuk ke bangunan lebih banyak. Apalagi sebagian lantai dua sudah dihilangkan.

Biro arsitek juga membuat taman dalam ruangan (indoor) pada bagian belakang butik, dekat ruang ganti dan juga bagian memamerkan pakaian. Sejumlah tanaman ditempatkan di taman, salah satunya berukuran cukup besar.

Baca juga: Seoul Skygarden Mengubah Jalan Layang Tidak Terpakai Menjadi Taman Kota yang Indah

Sebuah jalan setapak dari kayu membelah taman ini menjadi dua. Jalan ini menuju bagian belakang butik.

Sebuah tangga dari kayu dibuat untuk mengakses lantai atas. Untuk membuat ruangan menjadi terang, biro arsitek mengaplikasikan warna putih pada dinding.

Baca juga: Yuk, Jadikan Sepeda Bekas Sebagai Penghias Taman

“Sebagai tambahan untuk pencahayaan dari seluruh toko, bagian atas menyediakan jalur pertukaran udara, menambahkan taman dalam ruangan, semua ini membawa kenyamanan dalam ruangan,” ujar Vao Arquitetura kepada laman arsitektur dan desain Dezeen.

Buat kamu yang sedang berencana untuk membuat butik, pernah membayangkan kalau ada taman dalam ruangan yang mempercantik butik?

Baca juga: Beli Rumah Rp2,2 Triliun, Bonus Taman 42 Hektar dan Pantai? Wow Banget!

Kalau belum, coba deh untuk merancang ulang desain yang ada. Pastinya butik kamu akan menjadi lebih terlihat hijau.

Butik dan Taman yang Didesain oleh Vao Arquitetura (Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 571 kali