Biro Arsitek Asal Jepang, Chop + Archi Mendesain Sebuah Rumah yang Berada di Lahan Sempit. Lahan Ini Berbentuk Segitiga dan Berada di Persimpangan Jalan (Foto: Rumah123/Dezeen)

Arsitektur Jepang memiliki banyak solusi untuk privasi dan juga pengaturan cahaya. Lahan yang sering kali sangat sempit membuat arsitek merancang hunian yang tidak biasa.

Biro arsitek Jepang, Chop + Archi mendesain sebuah rumah di kawasan padat penduduk Setagaya di ibu kota Jepang, Tokyo. Lahannya berbentuk segitiga dan berada di persimpangan jalan.

Lahan berbentuk segitiga sehingga sudutnya memang seperti “ruang mati”. Namun, arsitek bisa mengubahnya.

Baca juga: Rumah Kecil Sih Udah Biasa, Gimana Kalo Rumah Kapsul

Rumah Kecil- Rumah123.com Arsitek Merancang Rumah Bisa Memiliki Privasi dan Juga Pencahayaan Alami yang Baik (Foto: Rumah123/Dezeen)

Chop + Archi juga bisa menyeimbangkan antara privasi dan juga penataan cahaya. Situs desain dan arsitektur Dezeen tidak mengungkapkan berapa luas rumah, namun dari sejumlah foto memang terlihat kalau rumah memang berada di lahan yang sempit.

Arsitek merancang rumah ini seperti tertutup pada nyaris seluruh bagian. Hal ini memang ditujukan untuk melindungi privasi pasangan pemilik dan juga sang putri.

Dari luar, eksterior bangunan memang masif seperti benteng. Namun, saat melihat ke dalam, memang berbeda.

Baca juga: Rumah Kecil di Tengah Alam, Siap Hidup Jauh dari Kota Besar Nih

Rumah Kecil- Rumah123.com Arsitek Memanfaatkan Setiap Sudut Untuk Menjadi Ruang Terbuka dan Taman Sehingga Cahaya Matahari dan Udara Bisa Masuk ke Dalam Rumah (Foto: Rumah123/Dezeen)

Chop + Archi membuat bukaan seperti void dan taman pada setiap sudut lahan. Pada sudut lantai dasar bangunan menjadi taman, sementara pada lantai atas menjadi void (semacam ruang terbuka).

Taman dan void ini menjadi akses sinar matahari dan juga udara. Hunian ini tidak terlihat gelap dan juga pengap meski seluruh rumah tertutup dinding.

Untuk menyiasati lahan yang sempit, arsitek mengaplikasikan warna putih pada dinding dan plafon. Sementara pada lantai menggunakan lantai kayu.

Baca juga:  Apa Saja Keunggulan Rumah Kecil Berukuran 20 Meter Persegi?

Rumah Kecil- Rumah123.com Chop + Archi Juga Merancang Hunian Memiliki Privasi dengan Membuat Dinding yang Tinggi dan Besar (Foto: Rumah123/Dezeen)

Meski rumah ini berada di lahan sempit, tetapi semua ruangan tetap ada. Pada lantai dasar, ada ruang tamu, ruang makan, dapur, dan kamar mandi.

Sedangkan pada lantai atas berisi dua kamar tidur, ruang penyimpanan atau storage. Rumah ini juga memiliki balkon.

Jika kamu memiliki lahan serupa, lahan sempit dan kamu ingin memiliki rumah dengan privasi serta pengaturan cahaya dan udara yang baik, desain hunian ini bisa menjadi inspirasi.

Baca juga: Ayo, Berani Bermain Warna dalam Interior Rumah Kecil

Rumah Kecil- Rumah123.com Hunian Ini Mempunyai Dua Lantai. Lantai Dasar Merupakan Ruang Duduk, Ruang Makan, dan Dapur. Sementara Lantai Atas Berisi Dua Kamar Tidur dan Ruang Penyimpanan (Foto: Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 820 kali