OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Membandingkan Wajan Keramik vs Marble, Mana yang Sebaiknya Dibeli?

19 Agustus 2022 · 4 min read Author: Reyhan Apriathama

Wajan Keramik vs Marble

Simak perbandingan wajan keramik vs marble untuk kebutuhan memasak di rumah secara lengkap berikut ini.

Untuk kebutuhan dapur, wajan jadi salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan sesuai kebutuhan untuk masak di rumah.

Ada berbagai jenis wajan menurut materialnya mulai dari teflon, marmer hingga keramik untuk memasak.

Diantara beberapa jenis wajan tersebut, marmer dan keramik merupakan jenis wajan yang banyak digunakan oleh masyarakat.

Apa saja perbedaan antara wajan keramik vs marble untuk rumah tangga? Simak pembahasannya bersama-sama berikut ini.

Membandingkan Wajan Keramik vs Marble untuk Kebutuhan Memasak 

Wajan Keramik vs Marble Perbandingan

Sumber: Qhomemart.com

Meski memiliki bahan berbeda, namun wajan marble dan keramik memiliki fungsi yang sama dengan durabilitas kuat.

Selain keunggulan tersebut keduanya sama-sama memiliki keunggulan anti lengket, sehingga memudahkan seseorang untuk memasak atau menggoreng dengan sedikit minyak atau tanpa minyak.

Punya durabilitas sama kuat, namun wajan marble sedikit lebih unggul dibandingkan bahan keramik karena tidak mudah tergores saat memasak atau dibersihkan.

Selain itu, permukaan wajan dengan lapisan keramik cenderung lebih mudah tergores dan terkelupas apabila bergesekan dengan bagian tajam. 

Jika keunggulan wajan marble ada pada kualitasnya, wajan keramik unggul dengan berbagai variasi warna mulai dari kuning hijau, pink dan lain-lain.

Hal ini sangat berbeda dengan wajan marble yang terbatas pada hitam dan abu-abu.

Penggunaan wajan keramik vs marble dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan keunggulan keduanya. 

Keunggulan dan Kelemahan Antara Wajan Keramik vs Marble 

Simak berbagai perbandingan antara wajan keramik dan wajan marble untuk kebutuhan masak-memasak secara lengkap berikut ini: 

Keunggulan Wajan Keramik 

Wajan Marmer Warna Warni

Sumber: Tokopedia.com

Ada beberapa keunggulan wajan keramik sebagai berikut: 

1. Ringan 

Wajan keramik pastinya memiliki bobot lebih ringan karena terbuat dari aluminium yang bersifat sangat ringan dan fleksibel, sehingga bisa dibawa kemana saja.

2. Wajan Keramik vs Marble Berbeda dari Sisi Anti Lengket 

Keunggulan wajan keramik yang perlu kamu ketahui adalah anti lengket, sehingga kamu dapat mengaduk jenis makanan dengan mudah meski dengan sedikit minyak, sehingga praktis dan mudah.

3. Pilihan Warna dan Desain Beragam 

Faktor estetika pada wajan keramik menjadi pertimbangan bahkan punya jenis yang menarik, sehingga memasak menjadi lebih menyenangkan.

4. Mudah Dibersihkan 

Karena memiliki zat anti lengket, ia juga memiliki permukaan licin yang memudahkan saat akan dibersihkan sehingga sabun pembersih yang kamu gunakan juga lebih efisien.

Kelemahan Wajan Keramik vs Marble

1. Tidak Tahan Lama 

Meski anti lengket, sisi tersebut pada wajan cenderung tidak tahan lama dan mudah tergores dan terkelupas bahkan menjadi sulit saat dibersihkan.

2. Tidak Cocok untuk Memasak Daging 

Panas yang dihantarkan oleh wajan keramik dikenal sangat baik, namun saat memanaskan daging juga akan menyerap air lebih cepat, sehingga tidak cocok untuk memasak daging meski bisa untuk menggoreng, tumis atau memanggang.

3. Berisiko Jika Permukaannya Terkelupas 

Wajan keramik tetap memiliki risiko kesehatan jika permukaannya terkelupas, terlebih ada partikel keramik yang terbawa saat kamu memasak, sehingga membahayakan terhadap kesehatan.

4. Harga Relatif Tinggi Baik Wajan Keramik vs Marble  

Harga wajan keramik juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan bahan lainnya, namun sebanding dengan kualitas yang ditawarkan.

Keunggulan Wajan Marble 

Wajan Marble Cyprus

Sumber: Blibli.com

Ada beberapa keunggulan wajan marble yang perlu diketahui antara lain: 

1. Tahan lama 

Dibandingkan wajan keramik, wajan dengan lapisan marmer cenderung tahan lama dan tidak mudah terkelupas hingga berkarat.

2. Tidak Mudah Tergores

Dengan lapisan yang kuat, material ini tidak mudah tergores meski dengan material tajam sehingga makanan dijamin tidak mengandung zat berbahaya.

3. Menghantarkan Panas dengan Baik 

Dibandingkan wajan keramik, wajan ini mampu menghantarkan panas dengan baik tanpa terkelupas sehingga makanan tidak tercampur zat berbahaya saat memasak.

4. Aman Terhadap Kesehatan 

Karena tidak mudah tergores dan lapisannya tebal, maka wajan marble pastinya sangat aman untuk kesehatan saat memasak di rumah. 

Kelemahan Wajan Marble 

Sedangkan kekurangannya meliputi: 

1. Berat Wajan Keramik vs Marble 

Dibandingkan wajan keramik, material wajan marmer cenderung cukup berat sehingga tidak sembarangan saat akan mengangkatnya, sehingga kurang cocok untuk kamu yang sering bepergian.

2. Desain Terbatas 

Apabila wajan keramik punya berbagai jenis desain, maka wajan marble cenderung monoton dengan warna hitam abu-abu dengan produk merek berbeda.

3. Merusak Kompor Kaca 

Punya durabilitas tinggi, namun wajan marble ini cenderung berisiko untuk merusak kompor kaca, bahkan menyebabkan pecah kompor saat digunakan. 

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang perbandingan antara wajan keramik vs marble untuk kebutuhan memasak di rumah.

Temukan informasi menarik seputar properti, selengkapnya di artikel.rumah123.com

Wujudkan rumah impian berwawasan lingkungan bersama  Summarecon Mutiara Makassar  selengkapnya di Rumah123.com dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!

 


Tag: , ,


Reyhan Apriathama
Seorang mas-mas penulis Rumah123.com yang suka otomotif, sepak bola, gadget, dan musik-musik lawas.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA