OK

Membandingkan Prestasi Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, Siapa Lebih Layak Jadi Capres 2024?

23/06/2022 by Reyhan Apriathama

Ganjar Pranowo dan Anies Featured Image Fix

Simak perbandingan prestasi Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan yang diusulkan jadi Capres 2024. Cari tahu selengkapnya di sini!

Membahas kandidat Calon Presiden 2024 memang tidak ada habisnya.

Selain Prabowo Subianto yang masih ingin maju di Pilpres 2024, dua sosok yang kini menjadi Gubernur di Jawa Tengah dan DKI Jakarta juga jadi pesaing terberat.

Sosok Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan dalam beberapa bulan terakhir jadi pembicaraan banyak orang, bahkan elektabilitasnya terus meningkat meski ada isu Jokowi tiga periode.

Jika ditilik berdasarkan kiprah dan prestasi, seperti apa perbandingan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan? Simak pembahasannya bersama-sama!

Prestasi Anies Baswedan Sebagai Gubernur DKI Jakarta

Ada beberapa prestasi Anies Baswedan yang bisa diunggulkan saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta secara lengkap antara lain: 

1. Pahlawan 21 Heroes 2021 

21 Heroes 2021 Anies

Sumber: Kumparan.com

Anies Baswedan ternyata masuk dalam jajaran pahlawan transportasi dunia, karena memiliki prestasi membangun moda transportasi berkelanjutan pada 2021 silam.

2. Sustainable Transport Award 2021 

Prestasi Anies Baswedan Transportasi

Sumber: Faktareview.com

Prestasi Anies Baswedan juga berhasil membawa DKI Jakarta masuk kategori penghargaan Sustainable Transport Award (STA) 2021.

Ia berhasil meningkatkan mutu transportasi publik seperti Transjakarta dan MRT.

3. KPPU Awards 2021

prestasi Anies Baswedan-Facebook Pemprov DKI Jakarta

Sumber: sindonews.com

Perbandingan prestasi Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan yang terlihat adalah kala Pemprov DKI Jakarta memperoleh penghargaan dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha atau KPPU Award 2021.

4. IDC Future Enterprise Awards 2021 

Aplikasi JAKI Anies Baswedan

Sumber: Inilah.com

Pemprov DKI Jakarta berhasil memperoleh “Best in Future of Digital Innovation” dalam IDC Future Enterprise Awards 2021 melalui aplikasi JAKI (Jakarta Kini).

Prestasi Ganjar Pranowo Sebagai Gubernur Jawa Tengah 

Ganjar Pranowo juga memiliki prestasi yang tak kalah mentereng sebagai Gubernur Jawa Tengah: 

1. Anugerah Parahita Ekapraya 

Prestasi Ganjar Pranowo

Sumber: Tempo.co

Prestasi Ganjar Pranowo ini merupakan bentuk apresiasi dalam pembangunan sektor perempuan dan anak dengan kategori mentor selama empat kali berturut-turut. 

2. Predikat A dalam Reformasi Birokrasi 

permprov-jateng-raih-penghargaan-dari-kemenpanrb

Sumber: Joss.co.id

Ganjar Pranowo dan Pemprov Jawa Tengah juga memperoleh penghargaan SAKIP Award dengan nilai A karena Jateng menerapkan e-planning dan budgeting, yang diklaim mampu melakukan efisiensi dana sebanyak Rp1,2 triliun.

3. Penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi 

Prestasi Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan

Sumber: Suaramerdeka.com

Perbandingan yang jelas mengenai prestasi Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan ada pada titik pemberantasan korupsi dalam tingkat daerah.

Sebab, Pemerintah Jawa Tengah memperoleh penghargaan dari KPK sebanyak 5 kali untuk tingkat pelaporan gratifikasi, kepatuhan LHKPN hingga provinsi paling berintegritas. 

4. Paritrana Award 

Prestasi Ganjar Pranowo resize

Sumber: Humas.jatengprov.go.id

Di bawah kepemimpinan Ganjar, Pemprov Jawa Tengah juga memperoleh Paritrana Award yang diberikan oleh Kemenko-PMK dalam perlindungan tenaga kerja dan penyelenggaraan jaminan sosial.

5. Tim Pengendali Inflasi Daerah Terbaik 

Inflasi Jawa Tengah 2022

Sumber: Jatengprov.go.id

Provinsi Jawa Tengah juga memperoleh penghargaan sebagai Tim Pengendali Inflasi Daerah terbaik selama tiga kali berturut-turut sejak 2015, 2016, dan 2017.

Pengendalian inflasi tersebut tidak lepas dari adanya sistem Sihati (Sistem Informasi Harga Produk Komoditi) untuk memantau harga sembako.

6. Program UMKM 

Lapak Ganjar Pranowo

Sumber: Instagram/@Ganjar_pranowo

Perbandingan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan juga ada pada sektor UMKM, jika Anies sempat memamerkan Oke Oce maka Ganjar lebih memilih program kerakyatan seperti Lapak Ganjar hingga Hetero Space.

Berkat program UMKM ini, Ganjar memperoleh penghargaan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

7. Penerimaan Zakat Tertinggi 

Ganjar Pranowo bayar Zakat

Sumber: Tempo.co

Di bawah Pemerintah Ganjar Pranowo, Jawa Tengah juga merupakan provinsi dengan penerimaan zakat, infak, sedekah tertinggi di Indonesia.

Pada 2021 silam, ZIS di Jawa Tengah mencapai angka Rp57,4 miliar yang disalurkan untuk renovasi pesantren, rumah ibadah, bahkan untuk korban bencana hingga UMKM.

Itulah beberapa perbandingan prestasi Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan sebagai salah satu modal penting untuk kontestasi Pilpres 2024.

Temukan berbagai inspirasi menarik seputar gaya hidup dan keluarga modern, selengkapnya di artikel.rumah123.com

Kamu bisa wujudkan hunian idaman seperti Summarecon Mutiara Makassar, hanya di Rumah123.com dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!