aplikasi zoom meeting

Aplikasi Zoom meeting menjadi salah satu elemen penting untuk memastikan aktivitas bekerja secara virtual saat ini.

Untuk diketahui, menyalakan kamera Zoom meeting menjadi salah satu bagian terpenting untuk memastikan produktivitas kerja, terlebih saat rapat berlangsung.

Meski demikian, tidak semua orang memiliki kemampuan data memadai untuk menyalakan kamera pada aplikasi Zoom meeting, sehingga hal ini kadang dihiraukan oleh para pengguna.

Namun, ada penelitian baru yang menyatakan jika mematikan kamera saat melakukan Zoom meeting ternyata diklaim bisa menyelamatkan Bumi. Kok bisa? Mengapa demikian? 

Jadi, menurut studi yang diterbitkan di Resources, Conservation & Recycling, mematikan kamera saat video call diklaim dapat mengurangi emisi karbon sebanyak 96%.

Tak hanya sekadar menyalakan kamera saja, penelitian tersebut juga menunjukkan data untuk mengurangi emisi sebanyak 86% saat menonton streaming berkualitas SD, bukan HD.

Secara teoretis, bukan hanya mengurangi emisi karbon saja, melainkan juga dapat menghemat kuota sekalipun penggunaan data internet secara efektif dan efisien.

Studi lain yang dilakukan oleh para peneliti Yale, Purdue, dan MIT ini mengamati dampak lingkungan dari penggunaan internet.

Dalam makalah ilmiahnya, penulis menyebutkan : “Gaya hidup digital yang masif saat ini bermanfaat besar terhadap lingkungan, termasuk pengurangan emisi karbon dioksida terkait perjalanan. 

Namun, peningkatan penggunaan internet juga punya dampak tersembunyi terhadap lingkungan yang harus diungkap agar transisi ke ekonomi rendah karbon dan lebih hijau bisa berhasil."

Dilansir dari IFL Science, sebelum lockdown terjadi di seluruh dunia diterapkan, jejak karbon internet sudah meningkat, terhitung sebesar 3,7% dari emisi gas rumah kaca.

Konsumsi listrik menyumbang 1% permintaan energi global, lebih dari konsumsi nasional beberapa negara.

Perlu diketahui, sejak awal pandemi sebagian besar negara mengalami peningkatan penggunaan internet hingga 20%, termasuk penggunaan aplikasi Zoom meeting.

Peneliti pun menganalogikan bahwa jejak karbon merujuk pada setiap gigabit data dalam banyak platform daring dari berbagai negara.

Adapun, platform video menghasilkan footprint yang lebih tinggi dan bervariasi antar negara sekalipun. 

Studi tersebut menyarankan jika mematikan kamera saat menggunakan aplikasi Zoom meeting diklaim akan berkurang sampai 9,070 juta ton emisi karbon.

“Tindakan mematikan Tindakan kecil seperti mematikan video selama rapat virtual, mengurangi kualitas layanan streaming, mengurangi waktu bermain game, membatasi waktu di media sosial, menghapus email dan konten yang tidak perlu di layanan penyimpanan berbasis cloud, atau berhenti berlangganan dari daftar email dapat secara signifikan mengurangi jejak lingkungan dari penggunaan internet," kata mereka.

Itulah beberapa fakta mengenai mematikan kamera aplikasi Zoom meeting sebagai solusi dalam mengurangi emisi karbon maupun menjadikan internet semakin produktif.

Temukan solusi untuk beraktivitas produktif dari rumah, selengkapnya di Rumah123.

"Temukan rumah idaman dengan lokasi strategis bersama Kingspoint Residence Bekasi."

Bagikan:
1461 kali