OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

"Memainkan" Warna Berdasarkan Feng Shui

12 Oktober 2023 · 2 min read Author: admin

Pilihlah warna-warna yang dapat membangkitkan energi seperti untuk ruang tamu dan warna tenang dan lembut untuk ruang tidur.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita menemukan warna dalam berbagai macam bentuk yang disajikan oleh alam maupun benda hasil karya manusia. Warna-warna tersebut memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda, yang dalam pandangan feng shui  dikelompokkan dalam lima unsur.

Dikutip dari berbagai sumber, memang kehadiran warna akan menyuplai energi. Saat tubuh kekurangan suatu energi, kita dapat menghadirkan warna tertentu guna memperoleh energi tersebut. Misalnya, saat tubuh kurang semangat, warna merah bakal membangkitkan semangat. Nah, bila menghadirkan warna merah di kamar tidur, tubuh sulit beristirahat. Itu karena warna merah akan menghasilkan energi api yang bersifat panas-dinamis-membara, yang membuat energi tubuh menjadi panas-semangat-dinamis-agresif.

Warna lain pun menghasilkan energi berbeda. Unsur kayu yang bersifat tumbuh dan berkembang adalah hijau; unsur logam yang bersifat keras-kaku adalah putih, perak atau emas; unsur air yang bersifat fleksibel dan mudah mengikuti arus adalah biru dan hitam; unsur tanah yang stabil adalah  kuning dan cokelat.

Misalnya ruang tamu yang yang pertama kali dilewati ketika pulang. Sebaiknya, di ruang tamu,  dihadirkan perabot-aksesoris-warna penghasil energi yang diperlukan. Sebab, energi itu  akan memenuhi ruangan lain. Bila Anda sering menerima tamu, ruang tamu menjadi sangat penting.

Untuk itu, di ruang tamu, dapat diberikan warna hijau muda atau biru muda, warna penghasil energi kayu dan air yang dibutuhkan. Warna biru juga menguatkan energi kayu pada ruangan. Adapun warna yang perlu dihindari karena menguras energi kayu adalah krem, pastel, dan kuning.

Sementara, ruang tidur memerlukan energi yang bersifat yin (pasif), tenang, dan lembut. Energi yang bersifat yang (aktif) akan mengganggu kenyamanan tidur. Maka, hadirkanlah warna bersifat yin (pasif): warna-warna tua seperti biru tua dan hijau tua.

Haryanto
Foto: Haryanto



IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA