Foto: Instagram.com/mybrick.house

Ada saja inspirasi desain rumah minimalis yang bisa diaplikasikan seseorang untuk huniannya. Entah itu minimalis murni, atau dikolaborasikan dengan konsep desain lainnya. 

Seiring berjalannya waktu, berbagai inspirasi desain rumah minimalis kerap dipadukan dengan berbagai tema sebagai salah satu unsur seni yang menarik.

Tak hanya unsur seni dan arsitektur, inspirasi lingkungan pun juga kerap dikaitkan sebagai salah satu pilihan terbaik dalam merancang rumah idaman.

Adapun, hal tersebut dilakukan oleh sebuah rumah Instagrammer milik Mbak Ayu bernama @mybrick.house dengan suasana berbeda.

Seperti apa inspirasi desain rumah minimalis berwawasan lingkungan yang satu ini? Simak pembahasannya bersama-sama!

Konsep Desain Rumah Minimalis Tumbuh Sederhana yang Berada di Pedesaan 

Desain Rumah Minimalis Instagrammer_1 Sumber : @mybrick.house

Untuk diketahui, rumah Instagrammer @mybrick.house ini terletak di sebuah pedesaan tepatnya berada di Purwokerto Utara, Banyumas, Jawa Tengah.

Bukan hanya sekadar terletak di pedesaan, desain rumah minimalis ini juga berlokasi sangat strategis terlebih juga berdekatan di kaki Gunung Slamet.

Dalam perjalanannya, Ayu menjelaskan jika pertimbangan membeli rumah pertama ini dimulai dengan membeli tanah yang tak jauh dari lokasi kerja dan beraktivitas sehari-hari.

“Jadi tempat kerja itu jaraknya hanya 1 km dan hanya 5 menit, kemudian faktor lingkungan dan kondisi air menjadi pertimbangan utama dalam memilih rumah,” ujar Ayu dalam wawancaranya dengan Tim Rumah123. 

Selain berlokasi di dekat Gunung Slamet, rumah ini juga berdekatan dengan sebuah sungai kecil di sebelah kanan dan di sebelah kiri ada sungai besar, dengan kualitas air bersih yang sangat baik dan mudah diakses. 

Dalam perjalanan pembangunan rumah tumbuh ini, terdiri atas tiga tahapan dengan komposisi yang sangat seimbang.

“Rumah ini dibangun pada 2011 silam dengan tahap awal adalah bangunan utama dengan luas tanah 54 meter persegi, tahap kedua pada 2014 kemudian pembangunan rumah limasan, dan tahap ketiga menambahkan dua ruangan dan ruang makan di lantai dua, sehingga luasnya total 73 meter persegi.” tukas Ayu. 

Desain Rumah Minimalis_2 Sumber : @mybrick.house

Selain bangunan rumah, terdapat juga ruang komunal untuk tamu banyak yang mampu menampung 20 sampai 30 orang seluas 60 meter persegi.

Adapun, di belakang komunal juga masih tersedia slot tanah yang saat ini masih digunakan untuk sebuah dapur.  

Secara keseluruhan total luas tanah dari desain rumah minimalis ini mencapai 300 meter persegi, namun yang sudah digunakan kurang lebih sekitar 150 meter persegi, mulai dari bangunan hingga limasan.

Pemilihan Eksterior Rumah dengan Tema Industrial yang Sangat Menarik 

Desain Rumah Minimalis_3 Sumber : @mybrick.house

Berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh Tim Rumah123, Mbak Ayu menjelaskan jika desain rumah minimalis ini memiliki konsep rumah tumbuh yang bersifat low budget, namun terlihat timeless.

“Secara tampilan luar tampak jika rumah ini kelihatan memiliki tema industrial dengan penggunaan bata ekspos dan sentuhan klasik, namun dipadukan dengan sentuhan modern.” tambah Ayu. 

Konsep sederhana dan industrial tersebut tampak ditonjolkan dengan karakter rumah berbiaya rendah sehingga tampak terlihat  menarik dari berbagai sudut.

Selain bangunan bertema industrial, pada sisi depan terdapat juga halaman yang sangat luas dan tampak estetis.

Meski berbiaya rendah, Ayu menjelaskan jika salah satu hal yang menjadi tantangan ada pada aspek finishing yang harus diperhatikan.

“Karena penggunaan bata ekspos, seluruh bagian banyak yang terekspos namun dalam kondisi unfinished, namun harus rapi.” lanjut Ayu.

Desain Rumah Minimalis_4 Sumber : @mybrick.house

Tak hanya sekadar berbiaya rendah, desain rumah minimalis industrial juga memiliki satu keunggulan lain yakni perawatannya yang murah dan mudah.

Sebab, sejak rumah ini dibangun dan rampung pada 2013 sampai sekarang tidak ada proses pengecatan rumah, hanya saja ada proses pembersihan lumut pada bagian yang terkena hujan dan matahari.

Unsur Hijau Asri yang Sangat Kuat dan Kaya Akan Berbagai Tanaman 

Desain Rumah Minimalis_5 Sumber : @mybrick.house

Selain penggunaan tema desain rumah industrial yang sangat kuat dari berbagai sudut, unsur hijau juga menjadi inspirasi penting pada rumah Instagrammer @mybrick.house.

Pasalnya, kombinasi desain rumah minimalis industrial sederhana dengan bata ekspos ini juga dirancang dengan aksen hijau yang sangat kuat dari berbagai sudut.

Adapun, unsur hijau di rumah ini tampak terlihat dari berbagai sudut baik dengan tanaman hijau maupun burung yang dipelihara di rumah.

Desain Rumah Minimalis_6 Sumber : @mybrick.house

Mbak Ayu menjelaskan karena ruang terbukanya banyak dan bisa menyimpan berbagai tanaman di rumah, baik sisi eksterior dan interior dengan sangat baik.

Selain unsur tanaman hijau, sentuhan asri juga diperlihatkan melalui bukaan jendela terbuka yang berukuran cukup besar. 

Selanjutnya, penempatan tanaman juga sangat berpengaruh terhadap unsur hijau pada sebuah rumah ditempatkan dengan komposisi yang sangat baik, sehingga suasananya tidak terkesan monoton.

Desain Rumah Minimalis_7 Sumber : @mybrick.house

Di rumah ini terdapat berbagai tanaman mulai lidah mertua, calathea, sirih gading pada sisi interior yang sangat mudah dirawat dan tidak mudah mati.

Untuk diketahui, sirih gading tidak hanya menghasilkan sentuhan hijau melainkan juga bisa dimanfaatkan sebagai filter udara di rumah bersifat alami.

Pada sisi eksterior rumah, tampak beberapa tanaman mulai dari calathea, kamboja untuk fasad rumah, kemudian tanaman campuran pada berbagai sudut rumah.

Salah satu yang menjadi perhatian dalam penggunaan taman di rumah @mybrick.house adalah penggunaan pohon maupun tanaman kamboja.

Usut punya usut, ternyata Mbak Ayu memilih penggunaan pohon kamboja untuk menghasilkan suasana tropis seperti rumah bali, mengingat adanya bata ekspos sehingga tampak estetis dan menyatu.

Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai inspirasi desain rumah minimalis industrial terbaik ala @mybrick.house yang berada di pedesaan dengan suasana alami.

Temukan berbagai desain rumah idaman terbaik, selengkapnya di Rumah123

"Berencana mencari rumah idaman? Kamu bisa cek Grand Galaxy City selengkapnya."

Bagikan:
1183 kali