Desain Rumah- Rumah123.com Biro Arsitek Australia, Splinter Society Mendesain Ulang Sebuah Rumah di Melbourne, Australia. Arsitek Memadukan Gaya Jepang dan California (Foto: Rumah123/Dezeen)

Sebuah rumah di Melbourne, Australia memadukan hunian bergaya bungalow California dengan gaya Jepang terutama yang terkait taman. Seperti apa ya perpaduannya?

Rumah ini berada di kawasan Elwood, kawasan pinggir kota Melbourne. Rumah ini dibangun pada era 1920-an dengan gaya bungalow California, Amerika Serikat.

Biro arsitek asal Australia, Splinter Society mendesain ulang rumah ini. Arsitek memasukkan unsur Jepang terutama yang terkait dengan taman.

Baca juga: Perpaduan Sempurna Gaya Jadul dan Desain Kekinian

Desain Rumah- Rumah123.com Rumah Ini Dibangun Pada Era 1920-an. Arsitek Memasukkan Taman Dalam Desain Baru Agar Rumah Lebih Privat (Foto: Rumah123/Dezeen)

Situs desain dan arsitektur Dezeen melansir Chris Stanley, partner Splinter Society yang menyatakan bahwa arsitek mengembil pengaruh dari gaya bungalow Californias dan memadukan dengan pengaruh Jepang.

Rumah ini berdiri di atas lahan seluas 450 meter persegi. Pemilik rumah yang menjadi klien Splinter Society adalah seorang penulis dan seniman.

Klien menginginkan hunian yang bersahabat, bisa menjadi tempat istirahat dari kehidupan sehari-hari, tetapi bentuk rumah terlihat modern.

Baca juga: Keren Banget Lho Perpaduan Desain Masjid Sheikh Zayed

Desain Rumah- Rumah123.com Arsitek Juga Mendesain Beranda dan Taman Bernuasa Jepang, Sementara Hunian Bergaya Bungalow California (Foto: Rumah123/Dezeen)

Arsitek mendesain rumah ini menjadi tempat yang pas untuk membaca, menulis, bersantai bersama teman-teman, dan juga menciptakan rasa sedang berlibur tanpa harus meninggalkan rumah.

Penyelesaian akhir rumah menggunakan semen dan serat alami. Hal ini memang didesain untuk menciptakan tekstur yng menarik dan memberikan sentuhan ringan pada permukaan dinding.

Teknik ini sebenarnya sama dengan teknik tradisional yang digunakan di Jepang. Klien menyukai ide tersebut, ada perpaduan dari Jepang dan referensi sejarah hunian California.

Baca juga: Tips Desain: Perpaduan Gaya Anak Muda dan Dewasa di Kamar Anak

Desain Rumah- Rumah123.com Splinter Society Tidak Mengubah Sejumlah Ruangan. Klien yang Merupakan Penulis dan Seniman Ingin Hunian yang Memiliki Beragam Fungsi (Foto: Rumah123/Dezeen)

Arsitek mempertahankan sejumlah bagian lama dari rumah seperti area masuk, selasar rumah, dan ruang kecil di dalam rumah. Semuanya memiliki karakteristik dari hunian lama.

Splinter Society menambahkan ruang duduk yang terhubung dengan dapur dan ruang makan serta taman. Setiap ruangan kecil namun terkesan mendekatkan penghuni dengan tamu. Meski kecil, tetapi ruangan ini dapat diperbesar dengan cara digabungkan.

Arsitek juga memasukkan taman di bagian depan rumah untuk menjadikan rumah lebih privat dan semakin indah. Tidak ketinggalan, ada lemari buku besar di ruang duduk untuk mengakomodasi pemilik rumah yang suka mengoleksi beragam benda.

Baca juga: Perpaduan Desain Barat dan Timur dalam Rumah Menlu AS

Desain Rumah- Rumah123.com Arsitek Memasukkan Desain Lemari Berukuran Besar Lantaran Klien Mengoleksi Sejumlah Barang Antik dan Buku (Foto: Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 1676 kali