apartemen Ilustrasi Apartemen. Investor Properti Bisa Melirik Properti Sewa di Kawasan Pendidikan, Mahasiswa/Mahasiswi Mulai Memilih Tinggal di Apartemen yang Memiliki Fasilitas Lebih Lengkap (Foto: Rumah123/Double Great Residence.com)

Tangerang memiliki sejumlah universitas swasta yang bagus. Saatnya untuk berinvestasi properti di kawasan pendidikan di kota ini. 

Kawasan Tangerang merupakan salah satu wilayah penyangga Jakarta selain sejumlah wilayah lainnya. 

Tangerang sudah menjadi kawasan sunrise. Pertumbuhan harga properti di wilayah ini memang bagus. 

Jika bicara Tangerang tentunya mencakup Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan atau Tangsel, dan juga Kabupaten Tangerang. 

Sejumlah kota mandiri dan juga superblok ada di Tangerang. Jumlah kota mandiri di kawasan ini lebih banyak dibandingkan kawasan penyangga lainnya. 

Para pembeli properti dan juga para pencari properti juga lebih melirik kawasan kota mandiri yang lebih lengkap dan berkembang. 

Tangerang juga relatif dekat dengan Jakarta. Aksesnya juga mudah lantaran ada jalan tol dan juga KRL (Kereta Rel Listrik) Commuter Line

 

Potensi Pertumbuhan Investasi Properti di Kawasan Pendidikan 

Ada sejumlah kawasan yang memiliki potensi pertumbuhan investasi properti yang baik. Salah satunya adalah kawasan pendidikan. 

Tengok saja sederetan kawasan pendidikan di Depok, Yogyakarta, Malang, dan kota-kota lainnya di Indonesia. 

Tangerang juga sudah mulai memiliki kawasan pendidikan. Sejumlah universitas swasta hadir di kawasan ini. 

Ada Universitas Pelita Harapan Karawaci, Swiss German University, Universitas Bina Nusantara, Universitas Prasetiya Mulya, hingga Universitas Esa Unggul. 

Saat sebuah perguruan tinggi hadir di sebuah kawasan, tentunya akan diikuti dengan permintaan hunian sewa. 

Mahasiswa/mahasiswi datang dari berbagai tempat untuk menempuh pendidikan. Mereka hanya memerlukan tempat tinggal sementara. 

Ada orang tua yang membelikan rumah atau apartemen bagi putra putri mereka. Namun, sebagian besar memilih untuk menyewa.

Setelah menyelesaikan pendidikan tinggi yang berlangsung sekitar tiga sampai lima tahun, mahasiswa/mahasiswi akan kembali ke kota asal atau pergi ke kota lain untuk mencari pekerjaan atau membuka bisnis. 

Biasanya permintaan hunian sewa masih sebatas kamar kos atau rumah. Belakangan, penyewa ingin tinggal di apartemen. 

Mahasiswa/mahasiswi tidak lagi identik tinggal di kamar kos. Mereka mulai melirik tinggal di apartemen. 

Apartemen memiliki sederetan fasilitas lengkap yang tentunya tidak dimiliki oleh rumah atau rumah kos. 

Direktur Utama Prioritas Gading Indonesia Guo Yong He menyatakan developer memang harus berinovasi dalam memasarkan produk properti. 

Prioritas Gading Indonesia sedang mengembangkan Double Great Residence di Serpong, Tangerang yang memadukan apartemen dengan fasilitas pendidikan tinggi. 

Perusahaan memang harus membidik target market yang tepat yaitu masyarakat usia produktif yang membutuhkan fasilitas pendidikan. 

Apartemen yang dekat dengan universitas atau malah terintegrasi dengan perguruan tinggi tentunya menguntungkan. 

Captive market atau pangsa pasar potensial telah terbentuk secara otomatis. Para pemilik tidak perlu khawatir saat mencari calon penyewa. 

Calon penyewa sudah ada. Mereka akan melirik hunian sewa yang memiliki fasilitas lengkap, lokasi strategis, dan harga yang terjangkau. 

Para penyewa ini bisa saja berganti lantaran mereka telah lulus kuliah. Namun, ribuan mahasiswa/mahasiswi baru akan bermunculan. 

Biasanya, universitas akan menambah jumlah mahasiswa dalam suatu departemen atau memperbanyak departemen dalam sebuah fakultas. 

Hal ini tentu membuat jumlah calon penyewa semakin banyak. Pemilik properti tidak perlu khawatir kehilangan pangsa pasar potensial.

Baca juga: 6 Universitas Terbaik di Indonesia dan Peluang Bisnis Properti di Kawasan Pendidikan

Baca juga: 6 Universitas dengan Lulusan Kerja Terbaik di Indonesia dan Potensi Bisnis Properti di Sekitar Kampus

Bagikan:
1182 kali