Stasiun Hyperloop di Meksiko yang Didesain oleh FR-EE (Rumah123/Dezeen)

Meksiko akan memiliki jaringan Hyperloop pertama di dunia. Jaringan ini akan bernama Mexloop yang menghubungkan beberapa kota besar di negeri ini.

Hyperloop akan menghubungkan ibu kota Meksiko, Mexico City dengan beberapa kota besar di sekitarnya seperti Queretaro, Leon, dan Guadalajara. Koridor Hyperloop ini menyatukan beberapa kota metropolitan menjadi sebuah “megalopolis”.

Baca juga: Indonesia Kan Negara Maritim, Kok Belum Punya Pelabuhan Keren Kayak Gini Sih?

Mexico City merupakan kota dengan penduduk terpadat di Meksiko. Wilayah yang dilewati Hyperloop memiliki penduduk mencapai 42 juta jiwa. Jumlah ini akan meningkat hingga 60 juta jiwa pada 2050.

Sebuah konsorsium yang dipimpin oleh arsitek asal Meksiko, Fernando Romero merancang desain jaringan dan stasiun Hyperloop. Romero merupakan founder dari biro arsitek FR-EE.

Baca juga: Jepang dan Belanda Punya Parkir Sepeda Terbesar di Dunia, Kalau Indonesia Kapan Ya?

Konsorsium ini memenangkan kompetisi Hyperloop One Global Challenge. Para peserta harus memasukkan proposal yang mencakup lokasi stasiun dan desain, rute infrastruktur, desain wahana, dan logistik.

Proposal ini mendapatkan dukungan dari Kamar Dagang dan Industri Meksiko atau Mexico Construction Industry Chamber (CMIC) dan memasukkan infrastruktur ini dalan Rencana 2030. Hyperloop One Global Chalengge ini menarik perhatian 2.600 proposal dari seluruh dunia.

Baca juga: Gempa Meksiko Ingatkan Ancaman Bahaya Tinggal di Kawasan “Cincin Api”

Hyperloop pertama kali diperkenalkan oleh konglomerat Elon Musk pada 2014. Dia memiliki visi kalau Hyperloop menjadi sistem transportasi kecepatan tinggi.

Hyperloop menggunakan magnet dan kipas untuk mendorong kapsul penumpang untuk melaju cepat dalam jaringan pipa. Hyperloop bisa melaju dalam kecepatan 1.000 km per jam.

Baca juga: Integrasi Bus, Kereta, dan Sepeda, Ini Baru Sistem Transportasi Oke!

Penumpang yang pergi dari Mexico City ke Guadalajara hanya membutuhkan waktu 45 menit. Jarak kedua kota ini hanya 466 km. Kira-kira jaraknya tidak jauh berbeda dengan Jakarta menuju Semarang yang berjarak 456 km.

Wow, pernah membayangkan melakukan perjalanan dengan masuk kapsul berkecepatan tinggi? Kamu bisa saja tinggal di Semarang dan bekerja di Jakarta, pergi pulang setiap hari. Kapan ya Indonesia punya Hyperloop?

Baca juga:

Saat ini, pemerintah sedang membangun kereta cepat Jakarta-Bandung, mudah-mudahan saja pembangunannya cepat selesai. Kalau selesai, kamu bisa tinggal di Bandung namun tetap bekerja di ibu kota.

Bagikan:
1353 kali