Wafatnya Ustaz Arifin Ilham menjadi duka bagi banyak orang.

Ustaz Arifin Ilham, meninggal dunia pada Rabu, 22 Mei 2019 malam di Penang, Malaysia, karena meng'idap kanker getah bening. Jenazah Ustaz Arifin Ilham direncanakan untuk disalatkan di Masjid Az-Zikra, Sentul, sesampainya di Tanah Air.  

Masjid Az-Zikra sendiri, sangat lekat dengan sosok Ustaz Arifin Ilham. Pasalnya, masjid ini sering digunakan sebagai tempat berdakwah dan zikir akbar yang dipimpin langsung oleh ulama kondang tersebut.

Dilansir dari situs Azzikra.com, Ustaz Arifin Ilham pertama kali memperkenalkan majelis zikirnya pada tahun 1997, di masjid tempat ia tinggal, Depok, Jawa Barat dengan nama Majelis Zikir Az-Zikra. Sejak 7 Juni 2009, Majelis zikir Az-Zikra secara resmi dipindahkan ke kawasan perumahan Bukit Az-Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Untuk membuat kegiatan dakwah lebih efektif, maka dibangunlah Masjid Az-Zikra.

Pembangunan masjid ini didanai World Islamic Call Society (WICS) dari Tripoli, Libya. Masjid ini pun disebut menjadi ikon wisata religi umat Islam di Bogor. Seperti inilah kemegahan masjid pimpinan Ustaz Muhammad Arifin Ilham.

Baca juga: 7 Gambar Mushola Minimalis Dalam Rumah yang Bikin Pengen Sering Ibadah
masjid az zikra - rumah123.com Sumber: Republika

Masjid Az-Zikra dibangun pada tahun 2009 dengan luas lahan sekitar 12.600 meter persegi yang berlokasi di kawasan Bukit Az- Zikra Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

masjid az zikra - rumah123.com Sumber: Detik.com

Arsitektur bangunan masjid memadukan karakter universal arsitektur islam dengan ciri arsitektur lokal tropis. Masjid ini memiliki menara setinggi 57 meter berdiri menyanding tiga lantai bangunan utama.

Baca juga: Siapa yang Belum Pernah Bertandang ke Masjid Kubah Emas Depok
masjid az zikra - rumah123.com Sumber: Tribunnews.com

Masjid ini dilengkapi dengan convention hall, lift dan air mancur. Masjid 3 lantai ini bisa menampung 22 ribu jamaah sekaligus.

masjid az zikra - rumah123.com Sumber: Republika

Masjid Az-Zikra menjadi tempat para santri maupun warga sekitar untuk melakukan ibadah shalat, zikir, hingga membaca Al-Qur'an.

Masjid Az-Zikra hari ini kembali diramaikan oleh para jamaah yang mengantar kepergian Ustaz Arifin Ilham, ulama yang membesarkannya, untuk terakhir kalinya. Selamat jalan, semoga almarhum Ustadz Arifin Ilham tenang di sisi-NYA, amin.

Bagikan: 2819 kali