Foto: Rumah123/Getty
   

Ditinggal Asisten Rumah Tangga (ART) mudik mungkin 'ujian hidup' tersendiri buat kamu. Cucian numpuk, belum kerjaan rumah yang lainnya. Tapi, kalau cucian gak dicuci-cuci ya gak bener juga kan.  Ada cara lho untuk mengurangi beban cucian kamu. Salah satunya dari mesin cuci yang kamu gunakan.

Apakah kamu termasuk yang asal pilih mesin cuci? Tahu gak kamu, kelebihan muatan dalam tabung mesin cuci akan bikin cucianmu cuma berputar-putar. Sebaliknya, tabung mesin cuci yang kekurangan muatan, tidak akan berputar secara efisien dan putarannya pun tidak seimbang.

Baca juga: Mesin Cuci Ngomong? Oven Ngajarin Masak? Mau Tahu?

Kelebihan dan kekurangan muatan cucian terjadi jika kamu gak menyeimbangkan kapasitas mesin cuci dengan jumlah anggota keluargamu. Nah, maka itu, kapasitas mesin cuci dan beban cucian haruslah seimbang.

Memilih mesin cuci berukuran besar akan bikin kamu jadi gak sering-sering mencuci. Alhasil, kamu akan memangkas tagihan listrik dan air, kamu pun jadi berkontribusi bagi kelestarian lingkungan. Tapi, kalau kamu tinggal sendirian di rumah atau hanya berduaan aja, mesin cuci ukuran kecil merupakan pilihan yang lebih masuk akal.

Baca juga: Pilih Mana, Mesin Cuci Satu atau Dua Tabung?

Coba tengok, jarak ideal antara bagian paling atas tumpukan cucianmu dan tabung mesin cuci sebaiknya tak kurang dari satu kepalan tangan. Jika kamu mencuci cucian berbahan tebal dan berukuran besar, semisal selimut, kurangilah muatan dalam tabung mesin cuci.

Bagaimana ukuran yang proposional untuk mencuci? Kamu bisa simak panduan berikut ini:

5 kilogram (kg): 25 kaus atau kemeja katun atau 2 penghuni rumah

6 kg: 30 kaus atau kemeja katun atau 2 penghuni rumah

7 kg: 35 kaus atau kemeja katun atau 2-3 penghuni rumah

8 kg: 40 kaus atau kemeja katun atau 3-4 penghuni rumah

9 kg: 45 kaus atau kemeja katun atau 4-5 penghuni rumah

10 kg: 50 kaus atau kemeja katun atau lebih dari 5 penghuni rumah

Kamu dapat menyesuaikan paduan ini dengan bahan, jenis, dan ukuran cuciannya. Nah, jadi lebih tau soal mencuci baju kan?

Bagikan: 574 kali