Eindhoven University of Technology Mengembangkan Rumah dengan Teknik Cetakan 3D yang Mempunyai Banyak Keunggulan (Foto: Rumah123/Dezeen)

Rumah yang dibangun dengan teknologi cetak tiga dimensi atau 3D print sepertinya bakal jadi keniscayaan di masa depan. Mungkin rumah kamu salah satunya.

Sudah banyak studio arsitek, biro desain, perusahaan semen, korporasi rekayasa teknologi, dan lainnya mengembangkan bangunan 3D print. Belum lama ini, ada bangunan cetakan tiga dimensi yang diklaim terbesar di dunia.

Sebelumnya, ada rumah di Milan, Italia yang dibangun dengan robot pencetak 3D print. Ada juga jembatan tiga dimensi di Belanda.

Baca juga: Ini Dia Rumah Masa Depan, Rumah dengan Cetakan 3D

Tim dari Eindhoven University of Technology juga mengembangkan teknologi serupa untuk membangun rumah. Hunian ini akan diselesaikan pada 2019 mendatang.

Para perancang menyatakan teknologi cetakan tiga dimensi ini memiliki sejumlah keunggulan. Wah, apa saja ya?

“Di samping kemampuan untuk membangun rumah nyaris dalam semua bentuk, juga bisa memudahkan arsitek dalam mendesain struktur beton dalam bentuk terbaik,” ujar juru bicara Eindhoven University of Technology seperti dikutip oleh situs arsitektur dan desain Dezeen.

Baca juga:  Bangunan 3D Print Bisa Segede Ini?

“Keuntungan penting lainnya adalah berkelanjutan, beton yang dibutuhkan lebih sedikit dan juga semen yang lebih sedikit, ini juga mengurangi emisi karbondioksida yang berasal dari produksi semen,” lanjutnya.

Wah, banyak juga ya. Teknologi 3D print ini membuat rumah dalam bentuk sama dalam waktu cepat. Selain itu, penggunaan material bisa dikurangi. Kalau begini sih, bangun rumah bisa lebih hemat ya. Mau ikutan bangun?

Bagikan: 915 kali