jiangnan-global-harbor-1 Jiangnan Global Harbor, Tiongkok (Rumah123/Dezeen)

Inilah pusat perbelanjaaan terbesar di dunia. Namanya Jiangnan Global Harbor. Mal ini terletak di kota Changzhou, propinsi Jiangsu.

Wilayah ini berada di Barat kota Shanghai. Pusat perbelanjaan ini memang dibangun untuk menjadi tujuan utama wisata belanja.

Baca juga: Proyek Kolaborasi Hasilkan Jembatan Yang Belum Ada Tandingannya

Pusat perbelanjaan ini memiliki lima lantai dengan total luas bangunan mencapai 500 ribu meter persegi!

Jiangnan Global Harbor didesain oleh biro arsitek asal London, Inggris, Chapman Taylor dan firma arsitek lokal, Shanghai Studios.

Baca juga: Inspirasi Stasiun Kereta Ini Berasal dari Sebuah Taman Nasional Lho

Kawasan untuk gerai-gerai mencapai 80 ribu meter persegi; gerai furnitur seluas 80 ribu meter persegi; wisata kuliner yang mencakup cafe, bar, dan restoran 60 meter persegi; jaringan supermarket Amerika Serikat Walmart membuka Sam’s Club seluas 20 ribu meter persegi.

Masih ada kincir raksasa dengan diameter 80 meter yang berada di atap pusat perbelanjaan, menara hotel bertema lautan, adanya taman besar di atap plus paviliun restoran, jaringan kereta untuk customer untuk mengelilingi plaza, serta teras luar berisi tempat hiburan dan restoran.

Baca juga: Perluasan London City Airport Jadikan Bandara Ini Alternatif di London

Tidak ketinggalan ada bioskop, arena boling, klub bermain anak, hiburan keluarga, edutainment, klub sepak bola, klub memanah, panjat dinding, arena hiburan bertema art deco dengan layar LED raksasa, air mancur dengan musik, dan penampilan hiburan yang terjadwal.

“Ini adalah skema unik dari cara pembangunan dan menyatukan antara retail dan hiburan. Global Harbour adalah contoh dari wisata hiburan yang berfokus kepada pusat perbelanjaan dengan banyak elemen yang dikombinasikan,” ujar direktur biro arsitek Chapman Taylor, Chris Lanksbury kepada Dezeen.

Baca juga: Tinggi Maksimal The Towers Miami Terhadang Aturan Penerbangan

“Ya, ini kombinasi unik dari belanja dan hiburan yang menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata keluarga yang populer di Tiongkok,” lanjut Lanksbury.

Bagikan: 1416 kali