Walkout deck with fire pit, settee, patio table set and barbeque Ilustrasi. (Rumah123/iStockphoto)

Kalau tinggal di wilayah tropis seperti Indonesia, lumrah deh jika kamu bertemu nyamuk. Kamu bisa menjumpai nyamuk di rumah kamu, rumah teman, rumah keluarga, dan di mana saja.

Nah, kamu harus bisa membuat rumah kamu didesain agar nyamuk kabur dari rumah. Apalagi keberadaan nyamuk memang bisa berbahaya.

Kamu akan terganggu kan kalau nyamuk menggigit. Bahkan nyamuk juga menyebarkan banyak penyakit mulai demam berdarah, malaria, dan belakangan zika.

Sebenarnya, kamu bisa mengatasi nyamuk dengan mendesain rumah. Sejak awal, rumah dipersiapkan menjadi rumah sehat.

Rumah harus memiliki sirkulasi bagus dan memiliki pencahayaan alami. Selain memiliki jendela yang banyak, juga ada skylight atau bukaan di atas atap sehingga cahaya matahari bisa masuk dengan baik.

Buka juga: Mau Beli Furnitur? Intip Dulu Tips Berikut Ini!

Adanya sirkulasi dan pencahayaan yang baik membuat rumah tidak lagi lembab dan tidak mengundang nyamuk masuk ke dalam rumah.

Kamu juga harus mengatur jalur pemipaan supaya air mengalir dan tidak air yang menggenang supaya nyamuk tidak berkembang biak.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan cat dinding berwarna cerah. Jangan lupakan untuk menanam tumbuhan dengan aroma yang tidak disukai oleh nyamuk.

Nah, mungkin nyamuk tidak sepenuhnya hilang tetapi setidaknya kehadirannya bisa diminimalisasi lho.

Bagikan:
4257 kali