Biro Arsitek Asal Brasil, Casa 100 Architecture Mendesain Sebuah Apartemen yang Memiliki Luas Hanya 24 Meter Persegi. Ide Hunian Berasal dari Desain Kamar Hotel (Foto: Rumah123/Dezeen)

Studio arsitek asal Brasil, Casa 100 Architecture terinspirasi dari kamar hotel saat mendesain apartemen mungil berukuran 24 meter persegi ini. Penghuni juga dituntut tidak memiliki barang dalam jumlah banyak.

Apartemen ini berada di Sao Paulo, Brasil. Pemilik hanya menghabiskan waktu selama akhir pekan di apartemen ini.

Saat hari kerja, pemilik berada di Rio de Janeiro. Jarak kedua kota ini mencapai 441 kilometer. Keduanya merupakan kota besar di di Brasil.

Baca juga: Rumah Seluas 47 Meter Persegi yang Lapang dan Penuh Tempat Penyimpanan

Arsitek membuat dapur dan lemari pakaian tersembunyi dalam sebuah sudut. Lantaran pemilik apartemen hanya berada di hunian ini selama akhir pekan dan juga barang tidak terlalu banyak, plus ruangan yang sempit, maka apartemen ini didesain simpel dan tidak memakan ruangan seperti halnya hotel.

“Pemilik memerlukan tempat untuk tidur dan menetap selama dia berada di kota ini. Ketika kami berpikir untuk menciptakan lingkungan yang bersih, terang, dan terbuka, maka itu adalah kamar hotel,” ujar Casa 100 Architecture kepada Dezeen.

Casa 100 Architecture tidak hanya memilih desain yang simpel, tetapi juga warna netral yaitu putih untuk membuat ruangan menjadi terang dan mengekspos beton. Arsitek memberikan aksen berupa artwork atau lukisan dan juga tanaman untuk memberikan nuansa warna pada hunian.

Baca juga: Kayak Apa Apartemen Mikro Seluas 11 Meter Persegi Ya

Arsitek membuat dapur dan ruang penyimpanan pakaian dalam tempat tersembunyi. Hasilnya ada ruang ekstra untuk ranjang, ruang kerja, dan area duduk.

“Apartemen ini kecil, netral, tetapi dengan proyek yang sudah dikalkulasikan, dengan furnitur multifungsi, semua ini cocok untuk rutinitas harian yang diinginkan oleh pemilik,” kata Casa 100 Architecture.

Saat ini, hunian sempit memang menjadi tren. Harga properti semakin mahal. Sejumlah arsitek dan desain interior sudah merancang hunian dengan luas terbatas namun memiliki desain yang keren.

Baca juga: Punya Hunian 35 Meter Persegi Tapi Pengen Sering Terima Tamu, Bisa Aja Kok

Casa 100 Architecture Menjadikan Area Penyimpanan Pakaian dan Dapur Menjadi Satu Area dalam Apartemen Kecil Ini (Foto: Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 840 kali