Transpatriot Memiliki Sejumlah Perbedaan dengan Transjakarta (Foto: Rumah123/Okezone News.com)

Pemerintah kota Bekasi baru saja mengoperasikan bus Transpatriot. Lantas apa bedanya dengan Transjakarta ya? Mau tahu?

Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PDMP) Kota Bekasi menjadi pihak pengelola bus Transpatriot. Saat ini, ada sembilan bus yang beroperasi dari jam 05.00 hingga 22.00 WIB.

Transpatriot memiliki dua rute yaitu Terminal Bekasi-Harapan Indah yang berjarak 14,7 kilometer dan Harapan Indah-Terminal Bekasi yang berjarak 9,6 kilometer. Rute pertama memiliki 21 halte, sedangkan rute kedua mempunyai 13 halte.

Baca juga: Transpatriot Bekasi Mulai Uji Coba, Ayo Naik Angkutan Umum

Bus ini memiliki beberapa kesamaan dan perbedaan dengan Transjakarta yang sudah lebih dulu beroperasi. Namun, sejumlah perbedaan memang terlihat seperti fisik bus, fisik halte, hingga jumlah koridor.

Transpatriot memiliki fisik yang lebih kecil dari Transjakarta. “Bus transpatriot kan busnya tiga perempat kalau transjakarta kan lebih besar dia punya,” ujar Humas Perusahaan Daerah Mitra Patriot (PDMP) Kota Bekasi, Iqbal Daut seperti dikutip oleh Kompas.com.

Kapasitas Transpatriot hanya 40 penumpang, sedangkan Transjakarta bisa memuat 100 penumpang. Halte Transjakarta lebih besar dan tertutup serta terhubung dengan jembatan penyeberangan orang (JPO). Selain itu, Transpatriot tidak mempunya koridor atau jalur khusus seperti halnya Transjakarta.

Baca juga:  Di Mana Saja Sih 21 Halte Bus Transpatriot Rute Terminal Bekasi-Harapan Indah

Iqbal melanjutkan kalau Transpatriot tidak memiliki koridor khusus atau jalur khusus. Bus ini menggunakan jalan yang sama dengan pengendara yang sama.

Transpatriot memiliki shelter seperti halnya Transjakarta. Hanya saja halte bus Transpatriot memang kecil dan terbuka. Sementara halte Transjakarta lebuh besar, tertutup, dan terhubung dengan jembatan penyeberangan orang (JPO).

Transjakarta mematok tarif Rp3.500 untuk sekali perjalanan. Sedangkan Transpatriot masih mengkaji besaran tarif.

Baca juga:  Yuk, Cari Tahu 13 Halte Transpatriot Rute Harapan Indah-Terminal Bekasi

Namun, Iqbal menyatakan nantinya tarif bus Transpatriot bakal lebih murah dari Transjakarta. Transpatriot bakal merencanakan perbedaan tarif untuk umum dan anak sekolah.

Bus Transpatriot akan beroperasi dari pukul 05.00 hingga pukul 22.00 WIB. Jam operasionalnya hampir sama dengan beberapa rute tertentu Transjakarta.

Bagikan: 884 kali