maayan-zusman-amir-navon-bauhaus Rumah Bergaya Bauhaus (Rumah123/Dezeen)

Arsitek Amir Navon dan desainer interior Maayan Zusman baru saja menyelesaikan proyek renovasi sebuah rumah di Tel Aviv, Israel.

Rumah ini terkesan biasa saja. Ukuran rumah ini memang kecil hanya 70 meter, berbentuk melengkung, dan dibangun pada 1930-an.

Baca juga: Aplikasi Cat Biru Pada Interior Dapur? Berani Mencoba Ga?

Tetapi, tantangannya adalah bagaimana mempertahankan rumah dengan desain Bauhaus. Navon dan Zusman berhasil melakukannya dengan memadukan gaya kekinian dengan desain Bauhaus.

Apa sih desain Bauhaus? Bauhaus sebenarnya adalah kependekan dari Staatliches Bauhaus yang merupakan sekolah desain di Jerman yang berlangsung dari 1919 hingga 1933. Secara bahasa, Bauhaus berarti konstruksi rumah.

Baca juga: Siapa Bilang Interior Rumah Bercat Putih Membosankan?

Bauhaus didirikan oleh arsitek Jerman, Walter Gropius di Weimar, Jerman. Gropius dianggap sebagai salah satu pionir arsitektur modern.

Sekolah arsitek ini sempat berdiri di tiga kota namun kemudian akhirnya tutup atas tekanan pemerintah Jerman di bawah Adolf Hitler.

Baca juga: Rumah Tanpa Sekat? Ternyata Keren Juga Lho

Setelah itu, para lulusannya keluar dari Jerman. Aliran desain Bauhaus ini memberikan pengaruh arsitektur di Amerika Serikat, Kanada, dan Israel.

Yang unik adalah banyaknya bangunan bergaya Bauhaus ini justru di Israel. Ya, maklum saja warga Yahudi Israel ini keluar dari Jerman ketimbang diburu oleh rezim Hitler dan kemudian pindah ke Israel.

Baca juga: Hmm, Kalau Sekolah Kayak Gini Sih, Siapa Yang Mau Bolos?

Para arsitek Jerman-Israel inilah yang membangun rumah bergaya Bauhaus. Jangan heran kalau ada 4.000 rumah bergaya ini di ibukota Tel Aviv, Israel.

Bagikan: 1577 kali