Dapur dan Ruang Makan Berdesain Skandinavia (Rumah123/iStockphoto)

Pernah melihat rumah dengan desain Skandinavia? Hmm, buat kamu yang suka dengan sesuatu yang simpel, sederhana, dan bersahaja, gaya ini memang cocok.

Desain Skandinavia ini memang identik dengan konsep minimalis yang cenderung bersih (clean) dan mengandung unsur kesederhanaan (simplicity).

Baca juga: Wow, 10 Desain Rak Buku Paling Keren untuk Pencinta Buku (Bagian 5)

Desain ini biasanya mengaplikasikan warna-warna seperti abu-abu, coklat, dan putih. Warna-warna netral seperti ini begitu mendominasi.

Penggunaan material kayu juga banyak diaplikasikan, tidak hanya pada furnitur tetapi juga pada dinding dan lantai. Desainnya juga cenderung simpel, tanpa terlalu banyak hiasan.

Baca juga: Wow, 10 Desain Rak Buku Paling Keren untuk Pencinta Buku (Bagian 4)

Furnitur memang ditekankan untuk lebih fungsional. Begitu juga dalam bangunan, gedung yang menerapkan desain Skandinavia memang menekankan fungsi ketimbang estetika.

Adanya bukaan seperti jendela-jendela berukuran besar juga sering dijumpai dalam desain Skandinavia ini.

Baca juga: Wow, 10 Desain Rak Buku Paling Keren untuk Pencinta Buku (Bagian 3)

Hal yang sangat lazim ditemukan kalau rumah-rumah yang menerapkan desain ini berada di Eropa Utara mendapatkan pencahayaan alami dari sinar matahari.

Desain Skandinavia ini muncul pada era 1950-an di negara-negara Skandinavia alias Eropa Utara yang mendekati Kutub Utara.

Baca juga: Wow, 10 Desain Rak Buku Paling Keren untuk Pencinta Buku (Bagian 2)

Negara-negara ini adalah Denmark, Norwegia, Swedia, Finlandia, dan termasuk Islandia yang merupakan sebuah pulau besar.

Negara-negara ini memiliki banyak kesamaan dari segi geografis, seni dan budaya, serta banyak lagi. Masyarakat wilayah ini sering disebut Nordic.

Baca juga: Wow, 10 Desain Rak Buku Paling Keren untuk Pencinta Buku (Bagian 1)

Meski Indonesia merupakan negara tropis, tidak ada salahnya untuk menerapkan desain Skandinavia ini terutama dalam pengaplikasian furnitur yang memang simpel dan bersih.

Bagikan: 1017 kali