Foto: Rumah123/iStock

Saat ini kenyamanan dan keamanan sebuah hunian ditunjang peralatan elektronik yang kian canggih. Teknologi yang menyasar sektor hunian pun kian diminati.

Nah, sebelum kamu mengeluarkan isi kocek untuk membeli perangkat teknologi, kenali lebih dulu produk yang mau kamu beli itu. Kamu kudu paham gimana cara menggunakannya. Juga teliti kembai apakah sesuai dengan perangkat rumahmu.

Baca juga: 9 Tips Ini Bikin Kamu Sukses Beli Rumah Secara Online

Setelah menjatuhkan pilihan pada perangkat teknologi yang sesuai kebutuhanmu, hidupmu pun akan banyak mengalami perubahan. Berikut beberapa hal di rumahmu yang mungkin akan terkena sentuhan teknologi:

Pencahayaan

Hunian yang nyaman sudah tentu butuh sistem pencahayaan yang sesuai. Penggunaan lampu merupakan perkembangan teknologi terbesar setelah internet.

Saat ini sistem pencahayaan seringkali ditawarkan dalam bentuk paket pintar dengan beberapa produk elektronik lainnya. Kamu bisa mengonsultasikannya lebih dulu pada produsennya.

Baca juga: Cara Gampang Bikin Rumah Jadi Terang, Pasang Apa Ya?

Kamu bisa membuat sistem sesuai dengan yang kamu inginkan. Semisal sistem pencahayaan yang redup untuk membuat istirahatmu nyaman. Warna cahaya bisa diubah-ubah warnanya untuk memunculkan suasana hati tertentu.

Hiburan

Banyak tawaran perangkat entertainment nirkabel yang bikin kamu bisa memasang beberapa unit di satu rumah.

Keamanan

Tentunya kamu ingin merasa aman saat berada di rumah. Saat ini, kebanyakan orang menggunakan kamera tersembunyi (CCTV) untuk memantau pergerakan yang mencurigakan di sekitar rumah. Para orang tua juga bisa memantau anak-anak yang sedang bermain di halaman.

Baca juga: Jangan Abaikan Penataan Cahaya di Ruang Sirkulasi Lho!

Selalu Terkoneksi

Rumah yang punya jaringan internet saat ini sudah banyak. Namun, pembelian perangkat tersebut jadi mubazir kalau kamu seringkali tak terkoneksi Wi-Fi.

Solusinya sangat banyak, di antaranya kamu bisa memperluas jangkauan Wi-Fi di rumahmu. Belum lagi jaringan internet yang bisa kamu koneksikan dengan ponsel pintar di genggamanmu.

Bagikan: 2400 kali