Sebuah stasiun KRL. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

Belum punya rumah? Punya gaji maksimal Rp7 juta atau di bawahnya? Segera daftar untuk punya rumah di Stasiun Tanjung Barat atau di Stasiun Pondok Cina. Pasalnya, minggu depan akan ada groundbreaking di kedua stasiun itu, sekaligus pendaftaran bagi peminat.

"Direncanakan minggu depan akan groundbreaking untuk di Stasiun Tanjung Barat dan Stasiun Pondok Cina, termasuk untuk pendaftaran konsumen," kata Direktur Pemasaran Perum Perumnas. Muhammad Nawir, akhir pekan lalu di Jakarta seperti dilansir Harian Kompas, Senin (12/6).

Baca juga: Hunian di Stasiun? Makin Gampang Aja Dong ke Mana-Mana!

Nah, kapan lagi bisa punya hunian vertikal terpadu di kawasan Tanjung Barat atau Pondok Cina, DKI Jakarta? Bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero), Perum Perumnas bekerja sama mengembangkan Rumah Susun (Rusun) yang terintegrasi dengan transportasi atau yang juga dikenal dengan konsep TOD (Transit Oriented Development).

Rusun ini diprioritaskan bagi masyrakat berpenghasilan rendah (MBR) yang bergaji maksimal Rp7 juta. Skema pembiayaannya dengan memanfaatkan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) . Statusnya bisa sewa ataupun milik.

Baca juga: Rogoh Kocek 1% Untuk DP, MBR Bisa Punya Rusunami di Sekitar Stasiun

Dengan investasi Rp1 triliun, akan dikembangkan 2.100 unit Rusun di Stasiun Pondok Cina dan  1.500 unit di Stasiun Tanjung Barat. Kawasan komersial akan melengkapinya dan terintegrasi dengan Rusun. Nantinya kawasan komersial ini akan menjadi titik berkumpul antara penghuni dan komuter.

"Fungsi kawasan komersial ini sekaligus sebagai subsidi silang bagi huniannya," kata Nawir lagi.

Baca juga: Catat Ya, Rusun di Atas Stasiun Segera Berdiri di Tanah Abang, Pondok Cina, dan Bogor

Dia mengatakan, pergerakan orang di Jakarta dan kota-kota penyanggah di sekitarnya sangat tinggi. Salah satu moda yang dikembangkan di DKI Jakarta dan mnejadi andalan adalah transportasi berbasis rel.

Yang sudah berjalan dan diminati semakin banyak orang dari kawasan pinggir ke tengah Kota Jakarta adalah kereta komuter (KRL). Stasiun pun lantas menjadi simpul mobilitas orang-orang.

Bagikan: 6867 kali