Rumah yang Didesain oleh Mezzo Atelier (Rumah123/Dezeen)

Tidak selamanya, kamu bisa memiliki hunian yang luas dan lapang. Makanya, kamu harus bersiasat untuk memaksimalkan setiap bagian rumah.

Buat kamu yang membaca buku, tentunya menyenangkan kalau ada ruangan atau bagian rumah yang dapat dijadikan tempat menyepi untuk membaca buku. Kalau luas rumah terbatas, saatnya bersiasat.

Baca juga: Siasat Gampang Bikin Perpustakaan di Rumah

Pernah melihat desain jendela yang besar sehingga penghuni bisa duduk di situ? Pernah membayangkan kalau bagian jendela ini dimanfaatkan untuk ruang baca?

Jendela lebar dan sisi jendela yang lapang seperti ini bisa dilihat dari rancangan rumah yang didesain oleh biro arsitek Mezzo Atelier. Firma ini mendesain sebuah rumah di Azores, Portugal.

Baca juga: Ayo, Manfaatkan Ruang Keluarga Jadi Ruang Baca dan Perpustakaan

Awalnya, rumah ini merupakan lumbung penyimpanan makanan dan juga kandang kuda. Lantas pemilik ini mengubahnya menjadi guesthouse atau rumah penginapan.

Mezzo Atelier mengubah desain interior. Seluruh ruangan dicat putih. Salah satu ruangan di lantai dua diubah menjadi ruang duduk.

Baca juga: Yuk, Manfaatkan Selasar Sebagai Perpustakaan Kecil

Ada jendela besar dalam ruangan ini. Jendela ini memiliki sisi bagian dalam yang luas sehingga orang bisa duduk. Tempat ini juga terang lantaran cahaya sinar matahari leluasa masuk.

Penghuni bisa memanfaatkannya untuk duduk, bersantai, membaca buku, atau bekerja menggunakan laptop. Sebuah bantal dapat ditaruh untuk bersandar sementara sebuah kasur kecil digunakan sebagai alas duduk.

Baca juga: Mau Lihat Rumah Mungil Plus Perpustakaan untuk Kaum Urban?

Mudah bukan untuk memiliki ruang baca sendiri? Kamu bisa memanfaatkan sisi dalam jendela sebagai tempat membaca sekaligus bersantai.

Kalau rumah kamu tidak memiliki jendela seperti ini, kamu bisa melakukan renovasi kecil untuk membuatnya. Hanya dengan merogoh dana sedikit, kamu bisa memiliki tambahan ruang lho. Mau mencoba?

Bagikan: 1387 kali