desain tangga rumah- rumah123.com Sebelum Merancang Desain Tangga Rumah, Ada Beberapa Hal yang Mesti Dipertimbangkan Mulai Dari Kekuatan, Kenyamanan, Penggunaan Material, dan Lainny (Foto: Rumah123/Getty Images)

Banyak desain tangga rumah yang bisa diaplikasikan dalam hunian. Begitu juga dengan pilihan material dan warna. Namun, jangan lupakan fungsi utama dan tambahan.

Kalau melihat situs desain, buku desain, atau media sosial, kamu akan mendapati begitu banyak desain tangga rumah. Ada yang berdesain klasik, minimalis, dan lainnya. Sebelum mendesain, pertimbangkan juga desain interior rumah.

Selain desain, yang tidak boleh dilupakan adalah memberikan warna pada salah satu bagian dinding tangga sebagai aksen. Warna terang bisa memberikan tampilan yang berbeda.

Baca juga: Kehadiran Tangga Kayu Percantik Hunian dari Beton Ekspos dan Batu Bata

Begitu juga dengan material yang bisa digunakan seperti beton, kayu, hingga baja. Semua material ini memiliki kelebihan masing-masing dan bisa menunjukkan keunikan dari tangga.

Belum lagi mengenai bentuk yang beragam. Ada yang berbentuk seperti tangga seperti biasa, tangga spiral, tangga melayang, dan lainnya.

Selain itu, ada juga hal lain yang mesti diperhatikan sebelum merancang desain tangga rumah termasuk keamanan, kenyamanan, dan kekuatan. Plus tidak lupa memanfaatkan ruang bawah tangga.

Faktor Penting Saat Merancang Desain Tangga Rumah

Pertama, model tangga. Sebelum menentukan model dan desain tangga rumah, coba lihat dulu desain interior rumah. Pemilik rumah bisa menentukan apakah desain tangga sama dengan desain interior atau berbeda. Jangan lupakan juga kalau bentuknya jangan sampai menyulitkan pemakai.

Kedua, posisi tangga di dalam rumah. Sebaiknya posisi tangga tidak menyulitkan pemilik rumah dalam melakukan aktivitas.

Ketiga, keamanan. Tangga harus memiliki pegangan tangga. Memang banyak tangga yang dirancang tanpa pegangan. Secara estetika, tangga tanpa pegangan ini memang keren, namun pertimbangkan juga faktor keamanan, apalagi jika di rumah masih ada anak kecil dan orang lanjut usia.

Baca juga: Setiap Desain Tangga itu Unik dan Ga Sama Lho, Mau Lihat Kayak Apa

Keempat, kenyamanan. Tangga harus bisa diakses dengan nyaman. Jangan sampai peletakan anak tangga tidak beraturan, tidak memiliki pegangan, anak tangga licin, dan lainnya. Hal yang tidak boleh dilupakan lainnya adalah memasang lampu.

Kelima, kekuatan. Hal ini juga sebenarnya terkait dengan faktor lainnya. Jika anak tangga tidak kuat, tentunya berbahaya saat dipijak. Bangun tangga dari material yang baik.

Memanfaatkan Ruang di Bawah Tangga

Hal lain yang tidak boleh dilupakan saat merancang desain tangga rumah adalah apakah pemilik rumah ingin memanfaatkan ruang bawah tangga atau tidak. Sebaiknya kamu memang memanfaatkan ruang kosong ini.

Pertama, tempat penyimpanan. Kalau tidak ada gudang atau ruang penyimpanan, manfaatkan saja ruang bawah tangga untuk menyimpan peralatan rumah tangga, peralatan makan, atau apa saja.

Kedua, perpustakaan. Jika pemilik rumah doyan membaca atau ada putra putri suka membaca, manfaatkan bagian bawah tangga menjadi perpustakaan.

Baca juga: 7 Cara Kreatif Mengisi Ruang Kosong di Bawah Tangga

Ketiga, ruang kerja. Keterbatasan ruang bisa disiasati dengan memanfaatkan ruang bawah tangga menjadi tempat kerja. Taruhlah meja, kursi, lampu, serta peralatan kerja lainnya.

Keempat, kamar mandi. Jika ruang bawah tangga cukup luas, manfaatkan menjadi kamar mandi kecil. Sebenarnya yang menjadi masalah justru ketinggian yang terbatas. Biasanya tinggi kamar mandi di bawah tangga ini memang terbatas. Jika ada orang yang tinggi, kepalanya bisa membentur bagian atas.

Sebenarnya, anak tangga juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan atau storage. Sudah banyak yang memanfaatkannya, jadi kenapa kamu tidak melakukan hal yang sama.

Baca juga: Cantiknya Tangga Spiral Bercat Kuning
Bagikan: 4356 kali