Dapur merupakan jantung dari sebuah hunian. Bukan hanya berfungsi untuk mengolah makanan, dapur menjadi tempat bersosialisasi setiap anggota keluarga. Maka dari itu, desain dapur harus dibuat sebaik mungkin, agar berfungsi dengan maksimal dan tetap sedap dipandang mata.

Mengingat tahun 2020 akan segera tiba, maka ini saatnya untuk mulai memikirkan desain dapur baru agar hunian terlihat lebih segar. Seperti apa tren desain dapur 2020? Dilansir dari Realestate.com.au, ini dia desain dapur yang diprediksi akan menjadi tren di tahun 2020 menurut para pakar interior, Kerena Berry, co-founder Designbx dan Mia Lake, Directors of Interiors di Vic Lake Architecture. Bagi kamu yang baru mau membangun atau merenovasi hunian pun bisa mengikuti tren dapur ini!

Langsung saja, simak tren desain dapur 2020 selengkapnya di artikel ini yuk!

1. Jangan takut bermain warna

Perpaduan berbagai corak menjadi salah satu tren desain dapur di 2020 - Rumah123.com Perpaduan berbagai corak menjadi salah satu tren desain dapur di 2020 - Rumah123.com/Realestate.com.eu

Saatnya untuk mengaplikasikan warna-warna favoritmu di dalam dapur! Pilih kombinasi warna yang sesuai dengan kepribadianmu. “Warna putih pucat telah lama pergi,” ujar Mia Lake. Menumpukkan berbagai corak warna, menambahkan material kayu, kaca, dan logam hingga semuanya bisa dilihat di satu dapur."

Kerena Berry menambahkan, "Dapur terbuka bukan lagi ruang yang berdiri sendiri," katanya. “Dengan cara ini, lebih banyak warna dan tekstur yang diperkenalkan. Orang-orang pun tak perlu segan mengaplikasikan selera dan gaya pribadi mereka di ruang ini. Tak usah bermain aman.” 

Butuh tips warna yang cocok untuk desain dapur?

“Warna yang sedikit lebih gelap seperti abu-abu dan hijau medium, atau warna coklat tanah akan membuat dapurmu menjadi pusat perhatian. Apalagi jika disandingkan dengan batu alam dan kayu. Tahun 2020 akan terdapat banyak kombinasi warna hangat,” kata Kerena. Kamu bebas mengombinasikan warna gelap yang disukai. Namun jangan lupa menyeimbangkannya dengan pencahayaan yang baik agar desain yang mewah semakin menonjol. 

2. Tambahkan unsur teknologi yang sedang menjadi tren

Teknologi pintar juga bisa diterapkan pada dapur - Rumah123.com Teknologi pintar juga bisa diterapkan pada dapur - Rumah123.com

Tahun 2020 tentu tak terlepas dari teknologi dapur yang futuristik. Tentu kamu tak perlu membeli semua barang elektronik keluaran terbaru. Pilih mana yang paling fungsional dan layak untuk dibeli sekaligus untuk investasi. Lakukan juga riset kecil-kecilan supaya barang yang dibeli awet digunakan dalam jangka waktu lama. “Pilih peralatan yang minim kenop dan tombol, karena lebih menarik secara visual, sekaligus fungsional. Pilih juga yang memiliki mode preset otomatis sehingga kamu bisa memasak layaknya seorang koki profesional,” ujar Mia. 

3. Padukan fungsi dan gaya

Semua peralatan di dapur harus mudah untuk dijangkau dan dinavigasikan - Rumah123.com Semua peralatan di dapur harus mudah untuk dijangkau dan dinavigasikan - Rumah123.com/Realestate.com.au

Saat mempertimbangkan tata letak untuk dapurmu di tahun 2020, fungsi dari dapur tersebut harus menjadi hal utama yang direncanakan. Semuanya harus mudah diakses dan dinavigasi. Misalnya, simpan panci dan wajan di dekat kompor. Simpan mug dalam jangkauan kopi dan teh. Tempatkan rak atau kaitan handuk di dekat wastafel. Walaupun sederhana, cara ini bisa membuat kegiatan di dapur semakin mudah dilakukan. 

4. Ubah sudut lancip menjadi sudut lingkaran

Sudut lancip pada peralatan dapur kini banyak diganti dengan sudut lingkaran - Rumah123.com Sudut lancip pada peralatan dapur kini banyak diganti dengan sudut lingkaran - Rumah123.com

Meja dapur, wastafel cuci piring, hingga peralatan elektronik seperti kulkas dan microwave memiliki sudut-sudut yang lancip. Tahun depan, sudut lancip seperti itu akan digantikan oleh sudut lingkaran. Namun apabila tak mau mengubah peralatan-peralatan besar seperti itu, kamu bisa memulai dari aksen yang lebih kecil untuk diubah. Misalnya seperti gagang pintu, keran air, kursi, atau peralatan dekoratif.

Itu dia tren desain dapur tahun 2020. Yuk, mulai siapkan bujet untuk membangun dapur impian di hunianmu!

Bagikan: 5097 kali