Salah satu cara supaya rumah tak bisa dibobol maling dengan mudah adalah dengan memasang teralis jendela.

teralis jendela - rumah123.com

Tapi walaupun fungsi utamanya adalah untuk keamanan, bukan berarti desain dan cara pemasangannya diabaikan. Maka dari itu, untuk kamu yang hendak memasang teralis jendela, sebaiknya ketahui dulu cara memasang yang baik dan benar berikut ini!

Pilih desain teralis yang sesuai dengan interior rumah

Masih banyak orang yang asal memilih desain teralis. Yang penting, jendela terlindungi, dan maling susah masuk ke dalam rumah. Padahal, teralis jendela ada banyak sekali desain dan jenisnya. Dengan pemilihan desain yang tepat, nilai estetika rumah juga bisa bertambah. Misalnya hunianmu memiliki desain atau gaya tertentu yang sangat menonjol.

Motif teralis pun sebaiknya disesuaikan dengan desain tersebut. Teralis yang memiliki motif alur dan lekuk rumit tentu tidak akan cocok dipasang pada jendela rumah-rumah minimalis. Desain seperti itu lebih cocok untuk rumah bergaya klasik. Sedangkan untuk rumah minimalis, sebaiknya pilih teralis dengan motif lurus yang elegan. 

Baca juga: 3 Jenis Pagar Rumah yang Cocok untuk Hunian Minimalis

Perhatikan jarak jeruji

Untuk keamanan, kamu bisa memilih teralis yang jarak antara satu besi dengan besi lainnya tak melebihi 30x30 cm. Jarak antara jeruji juga harus rapat, antara 10cm-20cm, tergantung dari ukuran kusen jendela. Hal ini wajib diperhatikan dengan seksama.

Dengan ukuran yang tepat, kemungkinan orang untuk menyusup ke rumah melalui celah teralis pun semakin minim. Teralis untuk jendela lantai satu yang berhadapan langsung dengan luar rumah sebaiknya dipasang permanen agar lebih aman.

Baca juga: 10 Pagar Minimalis dan Modern Ini Bikin Rumahmu Dilirik Orang!

Posisi pemasangan tak kalah penting

Supaya makin aman, pastikan pemasangan baut teralis tersembunyi, sehingga tidak mudah untuk dibongkar oleh maling. Teralis juga tak hanya berguna supaya aman dari orang luar. Kamu juga harus memerhatikan keamanan orang rumah dalam keadaan darurat.

Untuk mengantisipasi kebakaran, pasang satu teralis yang bisa dibuka tutup. Ketika terjadi kebakaran, penghuni rumah bisa memiliki jalan keluar. Pastikan juga terdapat cukup ruang agar jeruji bisa dimasuki satu tangan sehingga buka tutup jendela tak terganggu. 

Bagikan: 2287 kali