Cicilan KPR memang kerap menjadi beban. Supaya kamu segera merdeka dari cicilan, sebaiknya segera lakukan 5 cara ini.

Proses kredit rumah adalah sebuah perjalanan panjang. Bukan cuma pengajuan KPR saja yang membutuhkan waktu lama. Cicilannya pun terus berjalan dalam waktu belasan hingga puluhan tahun. Tiga hingga lima tahun pertama, mungkin kamu masih kuat. Jalan ke tahun berikutnya, di saat bunga mulai fluktuatif, membayar cicilan rasanya berat. Inilah alasan kenapa banyak orang yang mau cicilan KPR-nya cepat-cepat lunas. Buat kamu yang sedang berada di fase ini, buruan deh cek 5 cara supaya kamu cepet-cepet merdeka dari cicilan rumah.

Menurunkan beban bunga dengan menambah besaran cicilan KPR

Jumlah bunga yang dibayarkan, akan tergantung dengan besaran pinjaman yang didapatkan dari bank. Untuk menurunkan beban bunga, kamu harus mengurangi sisa pokok kredit dengan menambah besaran cicilan KPR. Misalnya, angsuran KPR-mu sebelumnya Rp 3 juta per bulan. Untuk mengurangi sisa KPR, kamu bisa menambah besaran cicilan KPR menjadi Rp 5 juta per bulan. Memang, artinya alokasi untuk pos cicilan ini semakin besar. Tapi dibandingkan kamu harus membayar bunga lebih mahal dan lebih lama, cara ini bisa bikin kamu makin cepat terbebas dari beban cicilan. Jika kamu mau memilih jalan yang satu ini, sebaiknya manfaatkan dana tambahan yang kamu dapatkan dari bonus tahunan, atau lakukan pekerjaan sampingan. 

Lakukan over kredit ke bank lain

Strategi selanjutnya yang bisa dilakukan adalah over kredit KPR, atau pindah ke bank lain yang menawarkan bunga KPR lebih kecil. Umumnya, bunga take over memang cenderung lebih kecil dibandingkan bunga KPR yang sedang kamu jalani. Hal ini disebabkan karena kamu otomatis menjadi nasabah baru sehingga suku bunga yang dikenakan adalah fixed rate. Proses pengajuan over kredit sama dengan ketika kamu mengajukan KPR pertama kali. Artinya, ada sejumlah biaya yang dikenakan, sama seperti kamu mengurus KPR di bank sebelumnya.  Jangan lupa juga bahwa ketika kamu pindah KPR ke bank lain, ada biaya penalti yang dikenakan oleh bank sebelumnya, biasanya sebesar 2-5% dari sisa pinjaman. 

Baca juga: Mau Kredit Rumah? Cek Dulu Bank dengan Bunga KPR Terbaru 2019 Ini!

Kombinasi cara pertama dan cara kedua

Mengkombinasikan cara pertama dan cara kedua sekaligus juga memungkinkan untuk dilakukan. Kalau kamu memilih opsi ini, cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengurangi sisa pokok kredit terlebih dahulu. Setelah bunga berkurang, lakukan over kredit sebagai langkah selanjutnya supaya cicilan kredit semakin ringan.

Manfaatkan skema cicilan ekstra

Beberapa bank menawarkan fasilitas cicilan ekstra untuk nasabah KPR. Program cicilan ini adalah program tambahan yang memiliki mekanisme yang berbeda dari program KPR sebelumnya. Layanan satu ini diadakan bank untuk mengurangi sisa pokok cicilan KPR, atau pengurangan lamanya periode jatuh tempo KPR. Namun perlu diketahui ada sejumlah syarat dan ketentuan yang harus diikuti jika kamu mau mengikuti program ini. 

Investasikan dana pelunasan kredit rumah

Supaya dana cicilan rumah cepat terkumpul, sebaiknya kamu tak mengumpulkannya dengan cara menabung. Investasikanlah dana tersebut karena return yang didapatkan akan lebih besar ketimbang menabung. Apalagi, tabungan rentan terkena dampak inflasi, berbeda dengan beberapa instrumen investasi yang tahan terhadap inflasi. 

Bagikan: 25209 kali