Punya rencana menggunakan jasa profesional untuk membangun hunian idaman? Simak dulu biaya jasa desain interior berikut biar kamu tidak sampai salah pilih!

jasa desain interior

Mempercantik bagian dalam rumah tentu jadi hal yang diinginkan tapi tidak selalu bisa dilakukan oleh semua orang. 

Dalam menangani ‘dandanan’ sebuah hunian, dibutuhkan kemampuan dan pengalaman yang biasa dimiliki oleh para desainer interior. 

Mereka ini adalah orang yang telah menempuh pendidikan formal khusus di bidangnya serta sudah melalui pembuktian lewat berbagai proyek yang dikerjakan. 

Di tangan para ahlinya, kamu bisa dengan tenang duduk manis sambil memikirkan seperti apa rupa tempat tinggal impian yang bakal jadi kenyataan. 

Cukup bilang ide dan tunjukan inspirasi interior idamanmu, atau bisa juga dengan memperlihatkan rancangan buatan kamu kepada sang penyedia jasa. 

Namun tidak sedikit yang masih meragukan keputusan untuk menggunakan jasa desainer interior karena sudah terbayang biaya selangit yang bikin hati dan dompet gemetar duluan. 

Biar kamu tak sampai salah kaprah, yuk simak ulasan lengkap seputar biaya serta alasan penting kenapa penggunaan jasa satu ini wajib dipertimbangkan!

Baca juga: Inspirasi Scandinavian Interior di Seluruh Ruangan Rumah. Bikin Pangling!

Jasa Desain Interior, Lebih dari Sekadar “Dandanin” Rumah 

Kombinasi berbagai bidang ilmu kompleks meliputi seni, teknik, matematika, hingga arsitektur menjadikan desain interior pekerjaan yang unik dan cukup menantang. 

Buat sebagian orang mungkin hanya tahu kalau mendengar kata interior design sebagai tukang dandan rumah yang cuma bisa menempatkan perabotan ini dan itu dalam suatu ruangan saja. 

Padahal banyak aspek krusial yang harus dipertimbangkan untuk dapat membuat sebuah rancangan hunian, lebih dari sekadar visual yang paripurna semata. 

Perhitungan matematis yang tepat wajib dilakukan supaya luas area bisa dimaksimalkan dengan baik, diikuti dengan ilmu teknik yang turut memastikan struktur yang dibangun bisa terintegrasi. 

Maka dari itu para penyedia jasa desain interior wajib menempuh bidang studi yang sesuai karena kompleksitas pekerjaan yang tak bisa cuma didapatkan dari sekadar melihat atau uji coba semata. 

Biaya Jasa Desain Rumah, Khususnya untuk Bagian Interior

Seperti yang baru saja dijelaskan, panjangnya persyaratan yang harus dipenuhi serta biaya pendidikan tinggi yang mesti dikeluarkan calon desainer interior membuat profesi ini juga menawarkan harga jasa yang sebanding. 

Namun biaya sewa akan relatif berbeda tergantung dari berbagai faktor seperti berikut: 

- Kualifikasi profesional 

Jenjang studi sarjana adalah standar minimal yang kerap dipakai untuk membuat tarif seorang desainer interior. 

Semakin tinggi kualifikasi akademik yang didukung dengan pengalaman profesional atau jam terbang yang lama akan menjadikan biaya sewa jasa juga lebih mahal.

Ada juga sertifikasi khusus yang bisa didapatkan dari institusi internasional atau nasional yang menunjukkan kemampuan sang desainer sudah diakui secara resmi. 

Kalau kamu ingin mencoba mendapatkan harga jasa desain interior yang terjangkau, maka bisa menggunakan para mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan atau lulusan baru (fresh graduate) yang sedang mengisi portfolio. 

- Luas bangunan

Harga jasa desain interior yang ditawarkan juga kerap menggunakan sistem sederhana dengan mematok pada luas bangunan. 

Untuk daerah Jakarta sebagai contoh, rata-rata tarif yang dipatok untuk per meter perseginya berkisar mulai dari Rp100.000-Rp1.000.000.

Kisaran harga tersebut kembali lagi disesuaikan dengan kualifikasi dan jam terbang sang desainer interior. 

Semakin luas area hunian yang akan dirancang, maka tentu biaya yang diperlukan jadi lebih besar.

- Persentase biaya produksi 

Faktor lain yang bisa mempengaruhi tarif jasa desain interior adalah skema biaya produksi. 

Artinya harga sewa akan dihitung dari persentase kecil misal antara 2-5% dari total pengeluaran yang dibutuhkan untuk renovasi atau pembangunan area tersebut. 

Kesepakatan ini bisa diatur oleh pemilik rumah dengan desainer tentang besaran harga yang akan ditetapkan sebagai biaya sewa jasa.  

- Material dan perabotan 

Isi dari sebuah hunian juga berpengaruh pada harga jasa desain interior yang perlu kamu siapkan. 

Jika skema yang dipakai untuk menetapkan tarif desainer adalah memakai persentase biaya produksi, maka kamu harus cermat dalam memilih material serta perabotan yang akan dipakai. 

Harga material dan perabotan yang mahal bakal menentukan total harga keseluruhan dalam Rancangan Anggaran Biaya (RAB) sehingga bisa menaikan tarif jasa desain interior. 

Dapatkan informasi terbaru seputar hunian di artikel.rumah123.com!

Bagikan:
6485 kali