Ilustrasi Foto: Rumah123/Getty
 

Gedung di Jakarta proses perizinannya bisa aja lama. Kalau mau lebih cepat dan gampang, coba pake software bernama ZWCAD-IAI. Perangkat lunak ini dikembangkan bekerja sama dengan ZWSOFT, sebuah perusahaan teknologi yang fokus pada pengembangan teknologi CAD.

Menurut Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) DKI, Stevanus J Manahampi, untuk mendapatkan persetujuan perizinan pembangunan gedung, diperlukan kelengkapan gambar dan perhitungan area tabulasi yang harus sesuai, tepat, dan akurat.

"Saat ini, proses perhitungan area tabulasi berdasarkan gambar yang kemudian dimasukkan ke dalam tabel Exel, masih dilakukan secara manual. Sehingga, seringkali terjadi perbedaan perhitungan antara Dinas PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) dan harus dilakukan penghitungan ulang," kata Stevanus seperti dikutip Kompas.com, Kamis (18-10-2018).

Baca juga: IAI Jakarta Luncurkan Program Penghargaan 2018, Berminat Ikut?

Aplikasi tersebut membuat proses penghitungan dapat dilakukan lebih akurat, sehingga meminimalisasi kesalahan dan mempercepat waktu dalam proses pembuatan area tabulasi yang akurat.

Aplikasi ini juga berkemampuan melakukan penghitungan pada gambar hingga 10 menara sekaligus. Ketinggian menara bisa mencapai 150 lantai dan basement hingga 10 lantai.

"Dengan software ini, para arsitek dapat lebih efisien waktu sekitar 20-40 persen dalam membuat area tabulasi gambar perencanaan arsitektur. Semakin tinggi bangunan, semakin banyak tower yang dibangun, akan semakin besar penghematan waktunya," kata Steven menjelaskan.

Baca juga: IAI Harapkan RUU Arsitek Segara Disahkan

Menurutnya, harga software tersebut lebih murah hingga 40 persen dibandingkan aplikasi serupa. Untuk mendapatkannya, arsitek dapat mengaksesnya melalui laman www. iai-jakarta.org. ZWCAD-IAI yang nantinya dapat langsung digunakan karena menggunakan user interface dan fitur yang sudah familiar bagi pengguna CAD.

Bagikan: 316 kali